Sekelumit Kegiatan Konservasi BBKSDA Jatim Peringati Hari Bumi 2018

Senin, 23 April 2018

Surabaya, 23 April 2018. Bertepatan dengan peringatan hari bumi, Balai Besar KSDA Jawa Timur merayakannya dengan rangkaian kegiatan konservasi untuk bumi selama bulan April 2018. Rangkaian kegiatan dimulai sejak tanggal 16 April 2018, diawali dengan survei lokasi Rencana Pemulihan Ekosistem di CA. Gn. Picis (luas 3,9 Ha) dan Gn. Sigogor (luas 3 Ha) sekaligus anjangsana dengan kelompok masyarakat desa penyangga di RKW 06 Ponorogo, SKW 2 Bojonegoro, Bid. KSDA Wil. I Madiun. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dr. Nandang Prihadi, S.Hut., M.Sc. Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur bersama anggota Bidang KSDA Wil I Madiun dan SKW 2 Bojonegoro dengan tujuan mengembalikan kondisi tegakan kawasan yang rusak akibat kebakaran pada tahun 2015. Pembuatan persemianan dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat sekitar lokasi pembibitan. Jenis bibit yang akan ditanam adalah Puspa, Pasang dan Cemoro Gimbal dengan jumlah total sekitar 5.000 bibit.

Selanjutnya di tanggal 21 April 2018 yang juga bertepatan dengan Hari Kartini, Kepala BBKSDA Jatim beserta staf mengadakan kunjungan ke Bawean. Rangkaian kegiatan berupa pertemuan dengan pemuda Ansor Bawean dan wakil masyarakat desa Lebak terkait kerja sama dengan PLN Distribusi Jatim dalam pemasangan jaringan, diskusi dengan POLAIRUD Gresik pos Bawean terkait tupoksi dan koordinasi antara BBKSDA Jatim dengan POLAIRUD dalam rangka penguatan kapasitas tugas, anjangsana dan pembinaan terhadap penangkar Rusa Bawean di Pudakit Timur. Kepala BBKSDA Jatim juga melakukan penanaman pohon jenis mahoni sebagai tanda bahwa kelestarian kawasan dan umumnya konservasi merupakan tanggung jawab bersama, dan sekaligus membangun kesadaran semua pihak akan pentingnya konservasi serta melepasliarkan 4 ekor penyu hijau (Chelonia mydas) bersama Kabidwil 2 Gresik dan Ka SKW 3 Surabaya sebagai puncak memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April 2018 di pantai Timur Sungai desa Tanjungori Kec. Tambak, pengecekan kawasan Cagar Alam Pulau Noko.

Rangkaian kegiatan Hari Bumi 2018 (22/4/18) ini diakhiri dengan patroli kawasan dan anjangsana ke rumah penduduk sekitar kawasan konservasi yang dipimpin langsung Kepala BBKSDA Jatim bersama personil Bidang KSDA Wil. II Gresik dengan sasaran pengecekan pal batas dan survey kondisi kawasan. dan sosialisasi keberadaan dan tugas BBKSDA serta penyuluhan tentang konservasi. 

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini