Balai TN Tesso Nilo Ajak Masyarakat Patroli Hutan dan Karhutla

Jumat, 06 April 2018

Kuala Renangan, April 2018. Berawal dari sosialisasi pencegahan kebakaran hutan kepada Kepala Dusun Kuala Renangan dan beberapa ketua RT yang dilaksanakan di rumah Kepala Dusun (Kadus), Tim SPW II TN. Tesso Nilo bersama Kadus dan petugas Balai TN. Tesso Nilo melanjutkan dengan kegiatan patroli dikawasan hutan tersisa (28-29 Maret 2018). Selain melakukan patroli juga untuk menetapkan lokasi pos jaga untuk pengamanan hutan tersisa.

Selama dua hari berturut-turut patroli, Tim patroli menemukan sekitar 3 areal terbuka yang rawan kebakaran hutan dan lahan pada koordinat 0°17'28.9" S 101°54'57.0"E, 0°16'51.2" S 101°55'16.6"E, dan 0°16'28.0" S 101°54'05.1"E.

Menanggapi patroli yang dilakukan bersama, Kadus Kuala Renangan memahami resiko dan konsekuensi dari membakar lahan, untuk itu beliau mengatakan akan bekerjasama mengusut apabila ada warganya yang melakukan pembakaran hutan.
Kadus Kuala Renangan juga mendukung lahan-lahan yang terbuka untuk dilakukan kegiatan rehabilitasi. Kegiatan penanaman kembali dengan tanaman hutan dan tanaman bermanfaat oleh pihak TN. Tesso Nilo.

“Tim Sudah menyerahkan 1 buah spanduk pencegahan karhut kepada kadus dari Tim SPW II untuk dipasang di sekitar rumah kadus, selanjutnya dukungan dan kerjasama dari Kadus setempat kita harapkan untuk saling bersinergi dengan tujuan bersama dalam menuntaskan kebakaran hutan dikawasan Taman Nasional” terang Tm SPW II, Ibram Eddy Chandra, S.Hut, M.Sc.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini