Patroli Perdana CPNS BKSDA Sumsel Menembus Belantara SM Isau-isau

Jumat, 06 April 2018

Lahat, 6 April 2018. Akhirnya 4 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan patroli perdana bersama personil Resort Konservasi Wilayah (RKW) 7 Isau-isau. Suaka Margasatwa (SM) Isau-isau merupakan kawasan konservasi yang dikelola Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Lahat BKSDA Sumsel yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dengan penuh semangat CPNS BKSDA Sumsel menyusuri jengkal demi jengkal kawasan SM Isau-isau untuk mempelajari skema kerja patroli efektif yang telah rutin dilakukan RKW 7 Isau-isau. Efektif dalam artian bahwa skema patroli yang dilakukan bukan hanya melakukan pengawasan terhadap kondisi dan tekanan kawasan tetapi juga mengambil data potensi kawasan, jasling, kondisi vegetasi, perjumpaan satwa, gangguan kawasan, kondisi sarpras perlindungan hutan, penyuluhan kepada pengguna kawasan secara non prosedural, pendataan gangguan kawasan dan informasi lain yang mendukung dalam pengambilan kebijakan pengelolaan kawasan. Selain itu CPNS BKSDA Sumsel juga mempelajari skema kerja Resort Based Management (RBM) yang telah diterapkan di RKW 7 Isau-isau.

Harapan besar CPNS BKSDA Sumsel dapat menghayati perannya sebagai rimbawan tidaklah mudah, penuh tantangan, dan perlu inovasi terutama dalam upaya perlindungan kawasan. Selain itu, skema mengelola masyarakat dalam  pengelolaan kawasan yang menempatkan masyarakat sebagai subyek aktif melalui RBM  menjadi cara kelola yang dapat dipahami dan menjadi bekal mereka untuk tumbuh menjadi rimbawan yang bekerja dengan hati konservasi.

Sumber : Wahid Nurrudin - PEH Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini