Ratusan Pengamat Burung Berkumpul di Merapi

Jumat, 06 April 2018

Sapuangin - Klaten, 6 Maret 2018. Merapi Birdwatching Competition (MBWC) 2018 merupakan event rutin dua tahunan kelima yang dilaksanakan oleh Balai TN Gunung Merapi (TNGM). Pada kesempatan kali ini, hadir 71 tim atau 213 orang yang berasal dari beberapa kota di Indonesia. Pengamat burung ini telah menanti momen untuk bertemu secara nasional sekaligus untuk pengamatan burung bersama selama 3 hari, 6 - 8 April 2018.

Pengamat burung hadir dari kota-kota Jakarta, Bandung, Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Magelang, Kediri, Malang, Surabaya, hingga Sumba Timur. Mereka antusias untuk melakukan pengamatan burung bersama di Sapuangin, Gunung Merapi, karena sisi tenggara Gunung Merapi ini merupakan tempat yang mempunyai keunikan tersendiri. Jenis burung yang teramati juga berbeda dengan Kaliurang, sisi selatan gunung Merapi, tempat MBWC sebelumnya.

MBWC tahun ini diselenggarakan di wilayah jalur pendakian Sapuangin TNGM, yang berada di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Propinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk sinergisitas Taman Nasional Gunung Merapi bersama masyarakat/pemerintah desa diwakili Basecamp Sapuangin) dan komunitas pengamat burung (PPBJ: Paguyuban Pengamat Burung Jogjakarta).

MBWC 2018 diresmikan oleh Kepala Balai TN Gunung Merapi, Ir. Ammy Nurwati, M.M. Lomba ini berhadiah total 14.000.000 rupiah.

Juri MBWC ini Dr Karyadi Baskoro dari Universitas Diponegoro Semarang, Swiss Winasis dari Balai TN Baluran serta Imam Taufiqurrahman, direktur Kutilang Indonesia Birding Club (KIBC). ***

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini