BBTN Bromo Tengger Semeru Tour Susur Sungai Mahakam di Indogreen Hari Kedua

Jumat, 06 April 2018

Samarinda, 6 April 2018. Seperti tahun-tahun sebelumnya panitia penyelenggara pameran indogreen memberikan kesempatan kepada peserta pameran Indogreen pengalaman dan pengetahuan kepada peserta. Indogreen 2018, panitia  memberikan kesempatan untuk mengenal lebih jauh sungai Mahakam agar peserta pameran yang berasal dari seluruh nusantara mendapat pengalaman dan pengetahuan tentang sungai terlebar di kalimantan (sungai Mahakam) serta budaya-budaya adiluhung yang dimiliki Kalimantan Timur khususnya Samarinda.

Tour Susur Mahakam dilaksanakan dihari kedua penyelenggaraan Pameran Indogreen 2018 (6 April 2018) yang dimulai dari Darmaga Samarinda Hilir Pasar Pagi Kota Samarinda menuju Kutai Lama. Susur Mahakam diikuti 110 peserta perwakilan beerapa instansi yg mengikuti pameran indogreen yang di tempu sekitar 2 jam menggunakan kapal pesiar "Pesut Etam". Sepanjang perjalanan peserta di suguhi pemukiman di pinggir sepanjang sungai Mahakam yang merupakan pemukiman khas diwilayah Kalimantan Timur. Menurut pemandu eksotisme Mahakam akan terlihat pada sore atau malam hari.

Sesampainya di darmaga peserta di sambut dengan tarian penyambutan Tari Jepen yang di persembahkan para gadis Kutai. Perjalanan dilanjutkan ke Ziarah makam Habib Hasyim bin Musaiyah yg bergelar Tunggang Parangan yang terkenal karena mengislamkan raja Kutai keenam yaitu Raja Mahkota Islam sehingga beliaulah Raja Kutai pertama yang memeluk Islam.

Kunjungan kedua di makam Raja Mahkota Islam dan putranya yaitu Raja Aji Dilanggar yg bergelar Raja Janggut Kawat. Sepanjang kunjungan budaya tersebut peserta merasa kagum dengan budaya masyarakat kutai lama terutama setelah masuknya agama islam di kawasan tersebut. Meskipun secara geografis terpisah dari Samarinda para penduduknya mampu bertahan hidup sebagai nelayan operator Kapal Pesiar dan Guide para tamu yg datang untuk berwisata menyusurii mahakam yang mulai marak dan diminati wisatawan lokal dan mancanegara menggunakan kapal pesiar 2 lantai bernama "Pesut ETam. Susur Mahakam merupakan interaksi positif antara panitia pameran dan peserta pameran Indogreen ini sehingga ada mutualisme pengetuhuan dan pengalaman peserta Pameran Indogreen 2018 khususnya mengenai daerah dimana kegiatan Pameran Indogreen di selenggarakan.

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini