FORCLIME Dukung Role Model Balai TN Kayan Mentarang

Selasa, 03 April 2018

Malinau, 3 April 2018. Bertempat di ruang rapat Kantor Balai Taman Nasional Kayan Mentarang (BTNKM), diskusi antara BTN Kayan Mentarang dengan unit pengelola proyek Forest and Climate Change Programme (FORCLIME) di awali  sambutan Kepala Balai TN Kayan Menatarang Johnny Lagawurin. 

Dalam pertemuan tersebut, selain di hadiri oleh sejumlah ASN Balai TN kayan Mentarang, tampak pula National Team Leader NPMU-FORCLIME Basoeki Karya Atmaja, District Team Leader DPMU-FORCLIME IGNN Sutedja , dan beberapa personil dari DPMU FORCLIME Malinau.

DPMU-FORCLIME memaparkan beberapa kegiatan pokok diantaranya Penguatan Kelembagaan, Perencanaan Wilayah Desa dengan PULP (Participatory Land Use Planning), Penanaman Pola Agroforestry, dan Perlindungan Hutan Bersama Masyarakat (community patrol). tujuan besarnya mencapai output penurunan emisi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pengelolaan kawasan hutan lestari di TN Kayan Mentarang dengan demonstrasi aktivitas terletak di dua desa yaitu Desa Long Alango dan Desa Apau Ping Kecamatan Bahau Hulu SPTN Wilayah II Long Alango.

Sejalan dengan kegiatan program FORCLIME-FC, BTN Kayan Mentarang pun mendorong keterlibatan DPMU-FORCLIME FC untuk mensupport beberapa proses kegiatan dalam rangka implementasi role model untuk revitalisasi peran serta masyarakat adat melalui kelembagaan. baik BPTU (Badan Pengelola Tana Ulen) Lalut birai maupun melalui lembaga adat di Desa Long Alango. Di samping itu juga berjalan proses penguatan implementasi role model untuk penguatan tata kelola partisipatif masyarakat serta monitoring populasi banteng dan habitatnya di Desa Apau Ping.

Inti pertemuan dan diskusi yang berlangsung  untuk mensinkronkan kegiatan agar saling mengisi dan memperkuat kerjasama yang dibangun oleh BTN Kayan Mentarang dalam pelaksanaan role model di tingkat tapak.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, akan di bentuk tim kecil dalam rangka sinkronisasi kegiatan BTN kayan Mentarang dengan FORCLIME. Termasuk di dalamnya sinkronisasi operasional, jadwalan, SDM dan Pembiayaan (Budget).

Sumber : Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini