Friends of Menjangan Ajak Liburan Ala Konservasi di Pulau Menjangan TN Bali Barat

Minggu, 01 April 2018

Pulau Menjangan, 1 April 2018. Friends of Menjangan, salah satu mitra Balai Taman Nasional Bali Barat yang peduli terhadap konservasi terumbu karang, pada tanggal 31 Maret 2018 sampai dengan 1 April 2018 menyelenggarakan kunjungan lapangan ke Pulau Menjangan dengan membawa pelajar SMKN Gerokgak sebanyak 22 orang dan 3 orang guru pendamping. Dalam kunjungan ini, para pelajar diajak menikmati liburan akhir pekan sambil belajar tentang konservasi terumbu karang. Materi pembelajaran disampaikan oleh kordinator Friends of Menjangan, Suparno, SH. dan didampingi petugas Resort Pulau Menjangan. Para pelajar mengikuti pembelajaran dengan santai, melalui kegiatan camping, snorkeling, dan cleaning up. Pada Sesi presentasi dan diskusi yang dilaksanakan pada malam hari, fasilitator menyampaikan materi tentang permasalahan sampah dan dampaknya terhadap kehidupan terumbu karang. Para pelajar mengikuti diskusi dengan antusias dan hangat, karena sebelumnya mereka melihat langsung bagaimana tebaran sampah saat diajak clean up di sepanjang pantai utara Pulau Menjangan.

Dalam rangka memperkenalkan terumbu karang secara langsung, para pelajar diajak snorkeling di perairan sekitar Pos 1 Pulau Menjangan. Sementara untuk menguatkan kesan dampak buruk sampah terhadap terumbu karang dan ekosistem perairan, para pelajar diajak clean up di pantai utara dan sekitar Pos I Pulau Menjangan. Aksi clean up pelajar tersebut memperoleh sampah anorganik sebanyak 274 Kg, pada hari pertama dapat dikumpulkan sampah sebanyak 107 Kg berupa plastik dan karet sendal dan sebanyak 40 kg yang terdiri dari botol plastik dan botol kaca. Sementara pada hari kedua didapatkan sampah sebanyak 127 kg. Sampah tersebut selanjutnya dikumpulkan di tempat pengumpulan sementara di Pos 1 dan selanjutnya dibawa ke luar pulau di Labuan Lalang.

Pada akhir acara, Suparno, SH. menyampaikan bahwa Kegiatan ini memiliki tujuan untuk menumbuhkan kesadaran generasi muda agar lebih peduli kepada lingkungannya, terutama pada permasalahan sampah anorganik. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menggugah para pihak terkait dapat lebih aktif lagi dalam upaya konservasi terumbu karang di Taman Nasional Bali Barat, khususnya di Pulau Menjangan. Semoga kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan, baik di Pulau Menjangan maupun di lokasi lain di Taman Nasional Bali Barat.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini