Demi Misi Pengendalian Sampah, Kepala SPTN III Balai TN Bali Barat Anjangsana ke Pengempon 2 Pura di Pulau Menjangan

Sabtu, 31 Maret 2018

Pulau Menjangan, 30 Maret 2018. Kepala SPTN Wilayah III Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Hendra Gunawan, SP., MP., bersama petugas Resort Pulau Menjangan melakukan sosialisasi terkait pengendalian sampah kepada pengempon (penanggung jawab) dan pengemong (pengurus) pura di Pulau Menjangan. Di Pura Segara Giri Gili Menjangan, tim ditemui Jero Bendesa Adat Sumberklampok, I Nengah Nadia. Jero Bendesa menyampaikan bahwa saat ini sedang mempersiapkan acara piodalan atau pujawali. Piodalan/pujawali merupakan upacara untuk memperingati hari lahir sebuah Pura atau bangunan suci oleh umat Hindu. Setiap pura di Bali memiliki hari untuk piodalan yang ditetapkan berdasarkan perhitungan kalender Saka yang jatuh setiap 1 tahun sekali dan ada pula berdasarkan perhitungan wuku yang jatuh setiap 6 bulan sekali. Perayaan upacara bisa berlangsung selama beberapa hari.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang menyampaikan pesan untuk bersama-sama menjaga kebersihan Pulau Menjangan terutama dari sampah anorganik sebagai langkah mendukung role model pengendalian sampah di TNBB. Para pengunjung peribadatan harus diberi pengertian dan diajak turut serta menjaga kebersihan. Menurut pengalaman, saat acara piodalan, umat Hindu dari berbagai daerah berkumpul untuk melakukan upacara di pura tersebut. Hal ini berpotensi besar terhadap keberadaan sampah di area pura dan sekitarnya. Mengantisipasi hal tersebut, Jero bendesa menyampaikan bahwa panitia sudah melakukan persiapan. Telah disiapkan karung-karung untuk menampung sampah dan setelah selesai acara akan dilakukan aksi bersih di area pura oleh pecalang dan pengurus pura. Mendengar hal ini, Kepala SPTN III menyampaikan terimakasih kepada Jero Bendesa atas kerjasama yang baik dalam upaya pengelolaan sampah di lingkungan pura. Harapannya, hal itu terus berlanjut baik pada saat ada upacara besar maupun saat kegiatan persembahyangan rutin.

Sementara itu, saat berkunjung ke Pura Klentingsari, tim ditemui langsung oleh pengemong pura, Bapak Prabu. Hendra Gunawan juga menyampaikan hal senada terkait pengelolaan sampah di pura. Disampaikan himbauan dan sosialisasi untuk megelola sampah dengan baik di lingkungan pura. Pak Prabu sebagai ketua pengemong pura menanggapi hal positif terkait hal tersebut. Pihak pura akan lebih aktif lagi untuk menjaga kebersihan kawasan dari adanya sampah plastik sebagai akibat dari adanya aktifitas peribadatan. Suasana anjangsana berjalan hangat disela-sela aktifitas peribadatan di Pura Klentingsari. Semoga harapan bersama terwujudnya kawasan taman nasional bebas sampah segera terwujud.

Dengan melakukan kunjungan/anjangsana semacam ini diharapkan dapat terjalin hubungan yang baik antara pengelola kawasan dengan pihak pura, sehingga bisa meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak dalam pengendalian sampah di Pulau Menjangan yang merupakan destinasi wisata unggulan Taman Nasional Bali Barat.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini