Tidak Hanya PKL di Pulau Menjangan TN Bali Barat, Para Mahasiswa Kumpulkan 187 Kg Sampah Dalam 2 Hari

Sabtu, 31 Maret 2018

Pulau Menjangan, 30 Maret 2018. Mahasiswa Universitas Winaya Mukti (Unwim) Bandung yang sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL) melaksanakan aksi bersih (clean up) di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Aksi bersih dilaksanakan selama dua hari. Pada tanggal 29 Maret 2018 dilakukan di sepanjang jalur menuju Pura Gilikencana dengan titik awal di Pos I melalui jalur pantai sebelah utara dengan jarak kurang lebih 1,5 Km. Sementara pada tanggal 30 Maret 2018, dilakukan di sepanjang jalur menuju Pura Segara Giri Gili Menjangan dan Pura Klenting Sari, dengan titik awal di Pos 2 Pulau Menjangan dengan jarak kurang lebih 1 Km. Aksi bersih dilakukan oleh lima orang mahasiswa yang didampingi oleh tiga orang petugas Polhut Resort Pulau Menjangan dan Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang.

Aksi bersih peduli sampah ini dilakukan dengan berjalan kaki sambil melakukan pengambilan sampah plastik/anorganik di kanan kiri jalan setapak di masing-masing lokasi. Hasilnya, didapatkan total sampah anorganik sebanyak 187 Kg selama dua hari tersebut. Pada hari pertama terkumpul sampah sebanyak 128 Kg dan hari kedua sebanyak 59 kg. Sampah tersebut terdiri dari botol plastik, botol kaca, karet sandal, kantong kresek, plastik kemasan makanan, dan lain-lain. Sampah tersebut dibawa ke tempat pengumpulan sementara di Pos 1 dan selanjutnya akan dibawa ke luar Pulau Menjangan di Labuan Lalang.

Pada aksi ini, mahasiswa juga diajak ikut berpartisipasi dalam sosialisasi terkait pengendalian sampah kepada pengempon (penanggung jawab) pura yang berada di Pulau Menjangan. Dalam kesempatan tersebut, Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang,Hendra Gunawan, menyampaikan pesan untuk bersama-sama menjaga kebersihan di Pulau Menjangan, terutama sampah anorganik. Aksi peduli sampah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian semua pihak dalam pengendalian sampah di Pulau Menjangan.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini