Upaya Balai TN Gunung Merapi Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Penyangga

Rabu, 28 Maret 2018

Turi – Sleman, 27 Maret 2018. Balai TN Gunung Merapi (TNGM) melaksanakan pendampingan kepada Kelompok Tani Anggrek “Sekar Arum”. Kegiatan yang diikuti 30 orang petani anggrek dilaksanakan di Dusun Tunggul Arum, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi, 27 Maret 2018. Kegiatan dibuka  Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai TN Gunung Merapi, Akhmadi, S.Hut, M.Si.

“Kelompok Tani Anggrek Sekar Arum solid dalam kepengurusan, rutin dalam melakukan pertemuan antar anggota sehingga para anggota dapat menggali potensi masing-masing anggota untuk dikembangkan” ujar Akhmadi. Pendampingan ini harus menghasilkan rencana kerja yang kongkrit dan bisa ditindak lanjuti, tidak hanya berhenti pada kegiatan ini tambhanya. 

Siyono, Ketua Kelompok Tani Anggrek Sekar Arum, menyampaikan kegembiraannya dengan diadakan kegiatan ini, “Kami ingin wisata minat khusus Anggrek ini bisa menambah penghasilan kami, dan pendampingan yang dilakukan oleh TNGM tidak hanya sekali ini saja, kami masih butuh bimbingan,” imbuhnya.

Sementara itu, disampaikan oleh pelaksana kegiatan, Bettyningsih Linggartanti, yang juga penyuluh Resort Pakem Turi, bahwa kegiatan ini harus ada tindak lanjutnya, bukan hanya forum penyampaian materi saja.

Ke depannya, terdapat 6 rencana aksi yang akan dilakukan oleh kelompok masyarakat dalam waktu dekat ini yaitu (a) perbaikan kelembagaan melalui restrukturisasi organisasi, (b) melakukan pertemuan rutin khusus anggota Kelompok Sekar Arum, (c) anggota kelompok fokus pada bidang usaha masing – masing, tidak hanya pada pengelolaan anggrek saja, tetapi sesuai dengan potensi yang dimiliki, (d) peningkatan kapasitas SDM sesuai dengan bidang usahanya, (e) kelompok harus mulai belajar mengakses modal dan fasilitasi dari para stakeholders, seperti BTNGM, desa dan dinas terkait, serta (f) membangun jejaring komunikasi, promosi dan sosial media.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan itu meliputi materi yang disampaikan oleh pihak TNGM yaitu kebijakan pengelolaan TNGM, Konservasi Anggrek, Penangkaran Anggrek oleh Balai KSDA DIY serta materi yang disampaikan narasumber dari JAVLEC (Java Leaarning Centre) yaitu Penguatan kelembagaan dan Kewirausahaan. Materi tentang Penguatan Kelembagaan dan Kewirausahaan ini menjadi materi baru bagi Kelompok Tani Anggrek “Sekar Arum” dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan SDM secara personal maupun kelompok.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini