Balai Besar KSDA Riau Evakuasi Macan Dahan Terluka Bersama Polres Rokan Hulu

Rabu, 28 Maret 2018

Rokan Hulu, 28 Maret 2018. Balai Besar KSDA Riau menerima laporan tentang keberadaan Macan Dahan (Neofelis diardi), yang sudah masuk ke dalam rumah warga di Desa Kepenuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu Selasa (27/3).
 
Kejadian ini membuat warga resah dan kuatir atas kehadiran satwa pemangsa tersebut. Selanjutnya Balai Besar KSDA Riau menugaskan Tim Evakuasi untuk melakukan penanganan ke lokasi. 
 
Sebelum tim tiba, Kepala Bidang KSDA Wilayah II, Heru Sutmantoro telah berkoordinasi dengan aparat desa, Camat dan Kapolres Rohul, untuk membantu dalam pengamanan satwa dilindungi tersebut. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, aparat desa, Camat dan Kapolres berinisiatif menangkap dan mengamankan satwa di Mapolres Rohul. Tim Evakuasi membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam dan sampai di Mapolres tengah malam. 
 
Rabu pagi (28/3), Kapolres Rohul menyerahkan secara resmi Macan Dahan kepada Tim Evakuasi guna dilakukan penanganan medis lebih lanjut, dikarenakan saat diserahkan kaki kanan depan macan dahan terluka cukup serius.
 
Berdasarkan keterangan yang diperoleh Tim Evakuasi di lapangan, macan dahan masuk ke rumah warga sudah dalam kondisi yang terluka. Oleh karena itu, Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono segera memerintahkan dokter hewan Rini Deswita untuk melakukan pengobatan serta tindakan medis lainnya untuk penanganan awal.  
 
Saat ini macan dahan ditempatkan di kandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau untuk pemulihan. Rencananya setelah satwa  pulih dan siap release, akan segera dilakukan pelepasliaran di habitatnya yang berada  pada salah satu kawasan konservasi  di Provinsi Riau.
 
Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini