Patroli Bersampan Di Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil

Rabu, 28 Maret 2018

Siak, 28 Maret 2018. Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil merupakan salah satu kawasan konservasi di Provinsi Riau dalam pengelolaan Balai Besar KSDA Riau dengan luas 84.967,44 hektar, yang mewakili kawasan konservasi rawa gambut dalam.

Hampir seluruh kawasan di dominasi perairan berupa tasik/danau dan sungai, dimana Sungai Siak Kecil membentang di dalamnya. Dengan keadaan ini, air merupakan akses terpenting dalam mengelola kawasan, terkhusus kegiatan pengamanan kawasan.

Pada tanggal 19 s.d 21 Maret 2018, Bidang KSDA Wilayah II, POLRI dan TNI melakukan patroli bersama di Kampung Tasik Betung, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak.

Patroli diawali dari Kampung Tasik Betung yang merupakan kampung tua dimana secara turun temurun sangat tergantung pada sumber daya perikanan. Sampan yang disewa dari masyarakat adalah alat transportasi utama menuju kawasan. Setiap sampan mengangkut maksimal 4 sampai 5 orang. Sampan melaju ke sasaran yaitu Sungai Siak Kecil dimana masyarakat beraktifitas. Sampan singgah dan berhenti pada tempat-tempat aktivitas warga guna memberikan sosialisasi terkait aturan aturan konservasi. Pada lokasi tertentu di sepanjang sungai, petugas memasang rambu rambu peringatan dan larangan. Dan hal penting yang dilakukan adalah melakukan pencatatan dan pendataan potensi flora fauna dan kerusakan kawasan yang terjadi seperti perambahan dan penebangan pohon.

"Bahwa dengan intensifnya patroli bersampan diharapkan kelestarian SM Giam Siak Kecil makin terjaga" tegas Suharyono Kepala Balai Besar KSDA Riau.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini