Peresmian Sanggar Lebah Madu Ujung Kulon

Selasa, 27 Maret 2018

Ujungjaya, 27 Maret 2018. Kepala Balai TN. Ujung Kulon resmikan Sanggar Lebah Madu Ujung Kulon yang berlokasi di Kampung Peteuy, Desa Ujungjaya (27/3/18). Hadir dalam kesempatan ini perwakilan dari Kementerian Desa, Kementerian LHK Pusat Pembiayaan Kehutanan, Perhutani, WWF Ujung Kulon, Perangkat Desa Ujungjaya, Himpunan Hanjuang Mahardika serta perwakilan PT. Oriflame Indonesia. Peresmian di meriahkan atraksi pencak silat diiringi gamelan dari kelompok masyarakat Ujungjaya.

Sanggar ini merupakan tempat pembelajaran tentang lebah madu yang ada di Ujung Kulon. Bangunan sanggar dibuat menyerupai sarang lebah, berbentuk heksagonal. Terdapat 3 bangunan, yang diperuntukan untuk tempat pertemuan, tempat workshop produksi madu dan olahan lainnya, serta perpustakaan lebah madu.

Sanggar Lebah Madu merupakan implementasi sekolah lapang untuk pembelajaran teknik budidaya jenis-jenis lebah madu di Ujung Kulon, teknik pemanenan lestari serta pengolahan produk-produk madu hutan.

Sebagai bagian dari rangkaian peresmian Sanggar Lebah Madu, juga dilakukan saresehan lebah madu, penanaman bibit pakan lebah, transplantasi terumbu karang serta kegiatan sosial berupa khitanan massal dan santunan anak yatim.

Saresehan lebah madu menghadirkan narasumber dari Pusat Pembiayaan Pembangunan Kehutanan, Kementerian Desa dan sesepuh Desa Ujungjaya. Sebagai moderator adalah Rio Bertoni, salah satu inisiator kegiatan pengembangan madu hutan di TN. Ujung Kulon.

Selesai saresehan dilanjutkan dengan penanaman tumbuhan pakan lebah madu bantuan dari PT. Oriflame Indonesia dan minum madu Ujung Kulon bersama-sama.

Sumber : Monica - Balai TN Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Iwa Iwel
Mantap dan sukes semoga bermanfaat, bagi semua umat, klu bisa sanggarnya diperluas disemua kecamatan sukseees cuy