Penyu Hijau Sang Nelayan Kembali ke Laut

Senin, 26 Maret 2018

Popareng, 26 Maret 2018. Hari yang berharga untuk Resort Popareng, Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II – Balai Taman Nasional Bunaken, kala seorang nelayan dari Desa Popareng melihat keberadaan seekor penyu yang terperangkap di jaringnya. Sebagai warga nelayan yang tergabung dalam anggota kelompok nelayan Cahaya Tatapaan nalurinya kemudian membawa penyu tersebut ke darat. Jenis penyu merupakan penyu hijau (Chelonia mydas) berkelamin betina, dengan ukuran kerapas panjang 46 cm dan lebar 42 cm.

“Jaring saya sudah sering menangkap penyu, saya tahu hewan itu dilindungi undang-undang maka saya lepaskan lagi dengan disampaikan ke petugas. Bahkan sejak tahun 2014 setiap bulan saya bisa mendapatkan penyu terperangkap di jaring, tetapi saya lepaskan kembali” jelas Ferri Masie sang nelayan. Berhubung saya merupakan bagian dari anggota kelompok yang peduli konservasi dan pelestarian lingkungan di Cahaya Tatapaan saya serahkan penyu ini agar dilepas petugas dan menjadi pembelajaran warga agar kita berupaya dan bersama-sama untuk menjaga kelestarian kawasan, sambung Massie.

“Kami mengapresiasi langkah warga nelayan yang secara sukarela melaporkan dan menyerahkan kepada petugas untuk dilepasliarkan kembali, kami berharap dengan ini nelayan terlibat pelestarian kawasan Taman Nasional Bunaken” ucap Kepala Resort Popareng M. Hasan Sahri.  

Sumber : Eko Wahyu Handoyo, S.Hut - PEH  Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini