Dukungan Bupati Sumba Tengah untuk Balai TN Matalawa

Senin, 26 Maret 2018

Waikabubak, 26 Maret 2018. Bertempat di kantor Bupati Sumba Tengah , Kepala Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa) Maman Surahman S.Hut., M.Si beserta Kepala Seksi Pengelolaan TN Wilayah I, II dan III mengadakan pertemuan dengan Bupati Sumba Tengah Drs Umbu Sapi Pateduk, didampingi Sekda Sumba Tengah Drs Umbu Sawola., M.Si, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Fredericus M. Nanga SP.

Dalam pertemuan tersebut Kepala Balai Taman Nasional Matalawa memaparkan tentang program pemberdayaan perempuan yang dilakukan di Desa Padiratana, Kabupaten Sumba Tengah yang merupakan desa penyangga kawasan TN Matalawa. Program yang diusung adalah pengembangan budidaya itik petelur sejumlah 1500 anakan disertai dengan bantuan pakan, obat-obatan, vitamin serta tenaga medis khusus unggas. Selain itu juga Balai TN Matalawa melaksanakan pendampingan secara intensif mulai dari tahapan penguatan kelembagaan kelompok, peningkatan kapasitas perempuan dalam pengembangan budidaya itik, serta menjamin pangsa pasar melalui pembangunan kios penjualan yang sedang dalam proses pengerjaan. Program lain yang juga dikembangkan adalah pengolahan dan pemasaran hasil komoditi masyarakat daerah penyangga yang berasal dari bahan baku lokal seperti kerajinan bambu, jambu mete kopi dan tanaman pangan lokal (ubi, talas, singkong).

Bupati Sumba Tengah menyambut baik dan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap program yang sedang dikerjakan oleh pihak Balai Taman Nasional dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat desa penyangga. Bentuk dukungan tersebut ditandai dengan direncanakannya dukungan dari dana desa.

Di akhir pertemuan Bupati Sumba Tengah berharap selain upaya pemberdayaan masyarakat yang sudah berjalan, dalam rangka upaya memulihkan ekosistem hutan dan menjaga ancaman khususnya terhadap kebakaran padang yang sering terjadi, maka agar dapat banyak melibatkan peran masyarakat yang berada di sekitar kawasan. Pengembangan wisata alam juga diungkapkan Bupati untuk kedepan diharapkan akan menjadi salah satu penolong perekonomian masyarakat penyangga di Kabupaten Sumba Tengah.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (BTN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini