Pendampingan Kelompok Masyarakat Desa Konservasi di Pusinfo Balai TN Karimun Jawa

Senin, 26 Maret 2018

Karimun Jawa, 26 Maret 2018. Pendampingan Kelompok Masyarakat Desa Konservasi, Resort Legon Lele SPTN Wilayah II Balai TN Karimunjawa dilaksanakan di Pusat Informasi (Pusinfo) Balai TN Karimunjawa di Kapuran Karimunjawa pada tanggal 22 Maret 2018 pukul 09.00 - 12.00 WIB. Kegiatan berupa pendampingan pertemuan rutin bulanan Kelompok Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan (SPKP) Karya Bhakti Desa Karimunjawa. Dihadiri oleh perwakilan dari SPTNW 2 Karimunjawa, pengurus dan anggota kelompok SPKP Karya Bhakti serta Kepala dan anggota Resort Legon Lele.

Kegiatan Pendampingan Kelompok Masyarakat Desa Konservasi ini untuk mengetahui kondisi dan perkembangan kelompok binaan Balai TN Karimunjawa serta memfasilitasi keperluan kelompok SPKP agar tetap semangat untuk ikut bersama-sama melestarikan alam Karimunjawa, diantaranya agar ikut menangani/mencegah masalah pencemaran oleh sampah, kebakaran hutan, ilegal loging.

Pertemuan rutin tersebut diisi dengan acara arisan, diskusi dan pengenalan Pusinfo BTNKj dengan arahan dari pendamping (1) Kelompok SPKP sebagai kelompok binaan BTNKJ harus bisa menjadi pelopor bagi masyakat sekitar untuk meningkatkan kesadaran konservasi di desanya dan (2) Kelompok spkp agar menyusun program yang bisa mendukung konservasi misalnya antara lain membuat pembibitan, melakukan bersih pantai secara kontinyu dan sebagainya.

Usulan dari kelomopok mengenai bantuan alat selam dasar untuk SPKP, kalo ada yg akan sewa diharapkan Taman Nasional bisa mempromosikan untuk jasa persewaan tersebut. Pertemuan SPKP tersebut merupakan pertemuan rutin setiap bulan yang biasanya dilaksanakan secara bergiliran di setiap rumah anggota SPKP. Kali ini pertemuan dilakukan di Pusinfo untuk memperkenalkan Pusinfo BTNKj kepada anggota SPKP pada khususnya dan kepada masyarakat Karimunjawa pada umumnya.

Sumber: Agung Setiyadi Kepala Resort Legon Lele Balai TN Karimunjawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini