Evaluasi Penetasan Semi Alami Penyu di TN Karimun Jawa

Senin, 26 Maret 2018

Karimunjawa, 24 Maret 2018. Focus Group Discussion (FGD) dengan anggota kelompok pelestari penyu di Taman Nasional Karimunjawa dilaksanakan di kantor SPTN II Balai TN Karimunjawa tanggal 24 Maret 2018 pukul 20:00 - 22:00 WIB. Dihadiri Kepala Seksi SPTN II, anggota pelestari penyu dan staf seksi SPTN II Balai TN Karimunjawa. Pertemuan bertujuan melakukan evaluasi PSA (Penetasan Semi Alami) penyu sepanjang tahun 2017 serta membahas masalah dan kendala terkait PSA. 

Hasil pertemuan melalui penyampaian arahan dari Kepala Seksi SPTN II terkait keberlangsungan PSA penyu bahwa terdapat masalah persentase keberhasilan menetas telur yang cukup rendah. Dari hasil evaluasi, ada 2 permasalahan, pertama persentase tetas dari Pulau Geleang yang rendah, dan yang kedua adalah temuan persentase di Pulau Krakal Besar cukup banyak yang mempunyai pulau lebih kecil dan jauh.

Maka didapat solusi dari hasil diskusi untuk masalah telur Penyu yang berasal dari Pulau Geleang agar penjaga pulau melaporkan jika ada telor yang nantinya akan diambil langsung petugas, bukan oleh penjaga pulau. Solusi kedua telur akan diambil langsung oleh anggota pelestari penyu yang lain, bukan penjaga pulau yang biasa mengambil di Geleang. Solusi permasalahan kedua dengan mengecek langsung bekas sarang ke pulaunya, berdasar data koordiat temuan.

Sumber : Zainul Abidin, S. Bio - PEH SPTN II Balai TN Karimunjawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini