Forum Jamatada Siap Mengawal Pengelolaan Zona Tradisional TN MATALAWA

Kamis, 15 Februari 2018

Waingapu, 14 Februari 2018. Balai Taman Nasional Matalawa hari ini melakukan kegiatan sosialisasi program peningkatan peran Forum JAMATADA (Jaringan Masyarakat Manupeu Tanah Daru) dalam pemanfaatan zona tradisional di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi. Tujuan Kegiatan  ini adalah meningkatkan pemahaman kepada kelompok masyarakat dalam memanfaatkan zona tradisional di TN. MATALAWA berupa Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang dikawal melalui peran forum JAMATADA sehingga terbangun kesamaan persepsi yang sama antara Balai TN. MATALAWA. Forum JAMATADA bersama kelompok masyarakat baik KMPH (Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan)  dan KTH (Kelompok Tani Hutan).

Kegiatan ini dihadiri juga oleh KSBTU BTN Matalawa ,KSPTN Wilayah II Lewa, Ketua Forum JAMATADA, Ketua KMPH dan Penanggung jawab kepala Desa Kambata Wundut, Sekdes (Desa Umamanu dan Lai Lunggi), serta Sekretaris forum JAMATADA.

Acara ini diawali dengan pembukaan oleh Kepala Balai TN Matalawa (Maman Surahman, S.Hut., M.Si) yang dalam arahannya menyampaikan “Semoga pertemuan kali ini mendorong tekad dan pemahaman bersama sehingga bisa mewujudkan mimpi bersama yaitu pemanfaatan zona tradisional secara kolaboratif”. Sehingga untuk mewujudkan itu semua maka diperlukan suatu rumusan bersama yang tepat agar peran forum JAMATADA sebagai mitra Balai Taman Nasional Matalawa memiliki kontribusi positif serta aktif dalam mengawal dan melaksanakan pengelolaan kolaboratif.

Hasil yang disusun bersama merupakan upaya tindak lanjut yang dilakukan TN Matalawa untuk merealisasikan program pemberian akses masyarakat dalam pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK) di zona tradisional kawasan TN MATALAWA. 

Ketua Forum JAMATADA yaitu Bapak Umbu Sangaji menjelaskan bahwa JAMATADA merupakan sebuah forum yang menjembatani antara pengelola kawasan TN. Matalawa dengan masyarakat sekitar kawasan sebagai upaya mengelola isu – isu strategis dalam pengelolaan kawasan. Selain itu, forum JAMATADA merupakan  wadah/payung kelembagaan kelompok masyarakat pelestari hutan (KMPH) yang berada di sekitar kawasan sekaligus mitra dengan Balai Taman Nasional Matalawa.

Sumber: BTN Matalawa 

Forum Jamatada  Siap Mengawal Pengelolaan  Zona Tradisional TN MATALAWA

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini