Tingkatkan Kualitas SDM, BBTNLL Adakan Bimtek Analisis Penutupan Lahan

Rabu, 14 Februari 2018

Palu – 12 Februari 2018, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BB TNLL) dengan dukungan Proyek Enhancing The Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservation (EPASS) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Analisis Penutupan Lahan Kawasan TNLL di Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III, Poso. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 8 s.d 10 Februari 2018 ini bertujuan untuk melatih Polisi Kehutanan (Polhut) dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) di BB TNLL dalam penguasaan teknik pengambilan data analisis penutupan lahan di lapangan, serta penguasaan teknik pengambilan data titik sampel menggunakan GPS, pengorganisasian dan perlakuan data.

Kegiatan yang diikuti oleh 22 orang peserta ini dibuka oleh Plt Kepala Balai Besar TNLL, Dedy Asriady, S.Si., MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa data merupakan dasar dalam pengambilan kebijakan. Data yang baik akan dapat memberikan gambaran tentang kemajuan yang dilakukan dalam mengelola kawasan konservasi. Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa TNLL memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan taman nasional lain di Indonesia. Hal ini terbukti dengan kehadiran organisasi internasional yang datang untuk membantu dalam pengelolaan kawasan ini. Oleh karena itu, akan menjadi penting untuk penetapan spesialisasi PEH yang dapat menjadi ahli pada satu atau beberapa aspek tertentu dalam pengelolaan kawasan TNLL.

Seperti yang disampaikan oleh panitia pelaksana, kegiatan ini penting untuk diselenggarakan mengingat tekanan pada kawasan TNLL semakin tinggi, tetapi dalam penanggulangannya dibatasi oleh kapasitas teknis dan pendanaan. Salah satu upaya untuk memaksimalkan pengelolaan kawasan TNLL yang sedemikian luas dapat dilakukan melalui adaptasi penggunaan teknologi terkini yang diawali dengan peningkatan kapasitas Polhut dan PEH di tingkat tapak. Dari hasil pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan Polhut dan PEH yang mampu untuk mengelola data hasil kegiatan lapangan.

Pengajar yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari lingkup Balai Besar TNLL dan EPASS dengan materi berupa (1) proyeksi, kalibrasi, upload dan download data GPS; (2) metode analisis penutupan lahan; (3) ekstraksi data spasial; dan (4) organisasi data dan pelaporan.

Sumber : Humas Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini