Pemberdayaan Masyarakat Desa Penyangga CA Muara Kendawangan

Jumat, 02 Februari 2018

Ketapang, 2 Februari 2018. Belum lama ini Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang melakukan penyerahan bantuan pemberdayaan masyarakat untuk Desa seriam, Kec. Kendawangan. Bantuan yang diberikan masyarakat berupa Hand Tractor sebanyak 3 unit kepada Kelompok Tani Desa Seriam untuk mengelola lahan dan menghindarkan upaya pembakaran terhadap lahan.

Sebagai latar belakang diberikannya bantuan tersebut, karena Desa seriam merupakan desa yang berbatasan langsung dengan Cagar Alam Muara Kendawangan. Desa Seriam berdasarkan data merupakan desa yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, yang disebabkan kebiasaan masyarakat dalam membuka lahan dengan cara membakar. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat merembet ke dalam kawasan cagar alam.

Kegiatan pemberdayaan ini telah dikolaborasikan bersama perangkat desa, Dinas Pertanian melalui penyuluh lapangan dan mitra konservasi untuk saling bersinergi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Seriam. Kata kunci dalam pemberdayaan masyarakat desa seriam "Masyarakat sejahtera kawasan terjaga, begitupun sebaliknya kawasan dapat memberikan manfaat yang mensejahterakan masyarakat".(YS).

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini