MAPALA UIN Sultan Syarif Kasim Riau Adakan Kegiatan Junggle Survival di TN Tesso Nilo

Rabu, 24 Januari 2018

Pangkalan Kerinci,  24 Januari 2018 - sebanyak 35 orang anggota Mapala Perguruan Tinggi se Provinsi Riau mengikuti kegiatan Jungle Survival. Kegiatan dilakukan di kompleks Flying Squad, SPW I Lubuk Kembang Bunga, TN Tesso Nilo. Kegiatan berlangsung selama 8 hari dari tanggal 21 Januari 2018 s.d 28 Januari 2018.

Selain Balai TN Tesso Nilo pemateri kegiatan Jungle survival ini berasal dari Badan SAR Riau, BPBD Riau dan Fasilitator. Materi-materi yang di pelajari diantaranya manajemen potensi SAR, manajemen siaga bencana, identifikasi , monitoring, teknik bertahan hidup di hutan, tali temali dan teknik menyeberang sungai menggunakan floating device.

Dalam Pembukaan kegiatan, Kepala Balai TN Tesso Nilo yang diwakili oleh Kepala Subbag TU TN Tesso Nilo Bapak Delfi Andra, SP dan Ka SPW I Lubuk Kembang Bunga Bapak Taufiq Haryadi, SP mengapresiasi kegiatan jungle Survival tersebut. Beliau menyatakan bahwa anggota mapala yang telah terlatih dapat menjadi corong Balai TN Tesso Nilo dengan masyarakat  dan instansi pendidikan nantinya. Kedepannya diharapkan mahasiswa dapat terlibat dalam berbagai kegiatan TN Tesso Nilo seperti kegiatan ekspedisi sebagai  pengenal flora dan fauna di kawasan TN Tesso Nilo dan mempromosikan potensi wisata yang terdapat di kawasan TN Tesso Nilo.

Bpk. Delfi Andra, SP. Menjelaskan bahwa salah satu  fokus TN Tesso Nilo tahun 2018 ini adalah kegiatan Wisata. Balai TN Tesso nilo telah menyiapkan berbagai Paket wisata yang diharapkan mampu menarik minat wisatawan. Paket wisata tersebut diantaranya Mahout wannabe, manumbai, jelajah sungai, jelajah hutan dan bersepeda di hutan.

Materi pengenalan potensi dan pengelolaan kawasan TN Tesso Nilo disampaikan oleh Ka SPW I Lubuk Kembang Bunga, Bapak Taufiq haryadi, SP. Materi-materi terkait sejarah, Nilai Penting dan potensi yang terdapat di TN Tesso Nilo diharapkan dapat menggugah dan memberikan pemahaman kepada peserta mengenai konservasi dan ikut berperan aktif untuk menjaga dan melindungi.

 

Sumber : Balai TN Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini