Pendidikan Lingkungan & Penanaman Bersama di SMK Mawodana

Minggu, 21 Januari 2018

Waingapu, 21 Januari 2018. Bertempat di SMK Kehutanan Mawodana, Kecamatan Wewewa Timur  Kabupaten Sumba Barat Daya, pada tanggal 20 Januari 2018 Taman Nasional Matalawa (TN Matalawa) bersama dengan Komunitas Gen Hijau lingkup Sumba dan Yayasan Tunas Timur melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan dan penanaman bersama. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan rasa kepedulian dan kecintaan generasi muda dalam upaya pelestarian sumberdaya alam di Pulau Sumba.

Pada kesempatan tersebut hadir Kepala SPTN Wilayah I Waibakul (Abdul Basit Nasriyanto, S.Hut.,M.Sc) mewakili pihak Balai TN Matalawa. Beliau menyampaikan peran dan fungsi Taman Nasional dalam mendukung kegiatan pendidikan, ilmu pengetahuan dan penelitian hal ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistem, tentang fungsi dan bentuk kegiatan yang dapat dilakukan didalam kawasan hutan Konservasi. Selain itu, beliau juga menambahkan selama kurang lebih 2 (dua) tahun terakhir kawasan TN Matalawa telah dijadikan laboratorium alam bagi Siswa-Siswi SMK Kehutanan yang melaksanakan Praktek Kerja dan salah satunya adalah SMK Kehutanan Mawodana.

Selain diisi dengan penyampaian materi, guna menumbuhkan kepedulian Siswa-Siswi SMK Kehutanan Mawodana dilaksanakan pula kegiatan penanaman 800 anakan/bibit pohon Cendana, Trembesi, Pinang dan Jati Putih (Gmelina) di Area Sekolah SMK Kehutanan Mawodana.

Diakhir kegiatan TN Matalawa menyerahkan bingkisan kepada pihak sekolah SMK Kehutanan Mawodana berupa Buku Potensi Burung TN Matalawa, Buletin TN Matalawa dan media informasi lainnya. Sebagai ucapan terima kasih atas terlaksananya kegiatan praktek kerja di TN Matalawa, pihak SMK Kehutanan Mawodana menyerahkan piagam penghargaan/sertifikat kepada Balai TN Matalawa.

Sumber : Balai Taman Nasional Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini