Penanganan Medis Robert, Langsung Dari Dokter Spesialis Ortopedi

Kamis, 28 Desember 2017

Deli Serdang, 28 Desember 2017. Robert, Orangutan Sumatera, penghuni Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tigapuluh Jambi, terpaksa dievakuasi ke Pusat Karatina Orangutan Sumatera (PKOS), Batu Mbelin, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, pada tanggal 27 Desember 2017 yang lalu.

Robert, yang berkelamin jantan dan berusia 8 tahun, menjadi korban perkelahian dengan  sesama orangutan jantan, di areal pelepasliaran orangutan di Bukit Tigapuluh, Jambi. Setelah dirontgen ditemukan luka patah tulang, dan atas rekomendasi dokter perlu penanganan medis lebih lanjut.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi kemudian menyerahkan Robert, kepada Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Amenson Girsang, SP., pada tanggal 26 Desember 2017, untuk selanjutnya dititipkan ke PKOS Batu Mbelin di Sibolangit, guna penanganan medis

PKOS yang dikelola oleh Yayasan Ekosistem Lestari-Sumatran Orangutan Conservation Program (YEL-SOCP), dipilih sebagai lokasi perawatan dan penanganan medis, mengingat saat ini seorang relawan dokter spesialis ortopedi yang berasal dari negara Swiss, Dokter Andreas, yang selama ini menjadi mitra YEL-SOCP dalam penanganan teraphi orangutan, sedang berada di PKOS Batu Mbelin.

Dengan perawatan dan penanganan medis dari dokter spesialis ortopedi tentunya  diharapkan dapat memulihkan kondisi kesehatan Robert, sehingga nantinya dapat dilepasliarkan kembali.

Sumber : Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini