Lagi, Logger Desa Matan Jaya Serahkan Mesin Chainsaw

Kamis, 28 Desember 2017

Matan Jaya, Kayong Utara 24 Desember 2017. Sebanyak 3 (tiga) orang logger warga Desa Matan Jaya (salah satu Desa di sekitar Taman Nasional Gunung Palung) menyerahkan mesin chainsaw  kepada Yayasan ASRI disaksikan petugas Balai TNGP. Kegiatan penyerahan ini merupakan bagian dari program Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (ASRI Chainsaw Buyback Programme). Program Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan program kewirausahaan para logger melalui bentuk kegiatan Bisnis Bersama. Dalam program ini Yayasan ASRI akan memberikan modal usaha (bagi si logger dan istrinya) dan saling kerjasama untuk mengembangkan usaha. Program ini bertujuan membangubn usaha permanent yng berkelanjutan diluar penebangan kayu bagi para logger berbasis usaha keluarga sesuai dengan keahlian dan potensi dan membantu penambahan modal usaha bagi para logger untuk memulai usaha produktif melalui bisnis bersama.

Program yang dibuat sejak bulan Februari 2017 mendapat respon yang sangat baik, sampai dengan saat ini sudah lebih dari 37 orang yang menyerahkan chainsaw miliknya kepada Yayasan ASRI dan kemudian mengikuti program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dari ke tiga orang warga Desa Matan Jaya yang menyerahkan mesin chainsaw jenis wirausaha yang akan dikembangkan yaitu membuka toko sembako, usaha potong rambut, usaha ayam pedaging dan usaha atap nipah. Yayasan ASRI memberikan kepercayaan pengelolaan usaha bersama kepada Mitra dan apabila terjadi kendala/masalah dalam usaha bersama maka Yayasan ASRI memberikan pendampingan untuk bersama-sama menghasilkan solusi.

Upaya yang telah dilakukan oleh Yayasan ASRI tersebut sangat membantu Balai TNGP dalam penanggulangan penebangan liar di kawasan TNGP, karena para penebang liar tersebut umumnya masyarakat disekitar kawasan yang tidak mampu atau memiliki penghasilan rendah. Upaya pre-emtif dan preventif sudah dilakukan Balai TNGP seperti penyadartahuan kepada masyarakat pentingnya kawasan Taman Nasional dan kegiatan patroli rutin kawasan. Dengan adanya program UMKM Yayasan ASRI ini dapat memberikan alternatif mata pencaharian kepada para pelaku penebangan liar sehingga tidak bergantung lagi terhadap kawasan TNGP.

Sumber : Balai TNGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini