SMPN 7 Bontang Jelajahi hutan Sangkima Taman Nasional Kutai

Minggu, 17 Desember 2017

Bontang, 17 Desember 2017. Mengisi akhir pekan, Sabtu  tanggal 16 Desember 2017, pelajar SMPN 7  Bontang berwisata ke Sangkima,. Sekitar 170 siswa dan guru, berwisata sambil belajar tentang hutan di sepanjang jungle trekking.  Sebelum menjelajahi Hutan sangkima, para pelajar dan guru melakukan senam dengan dipandu oleh Pak Jalani, salah staf Balai Taman Nasional Kutai yang ditugaskan di Resort Sangkima.

Sangkima merupakan salah satu  tujuan wisata  andalan di Taman Nasional Kutai. Selain aksesibilitas yang lebih mudah, sangkima memiliki objek yang sangat unik dan populer yang merupakan mascot Sangkima yaitu  ulin raksasa dengan diameter 2.49 m dan  berbagai atraksi yang tersaji di sepanjang jalan. Boarwalk sepanjang 970 meter, yang terbuat dari papan ulin menjadi atraksi tersendiri bagi pengunjung.  Atraksi lain yaitu aneka jembatan antara lain jembatan gantung, jembatan sling dengan titian berupa 1 kawat sling, jembatan saolin, jembatan ayun yang terbuat dari satu log yang terayun apabila dilalui, rumah pohon,  dan permandian tujuh puteri. Beberapa  atraksi lain yang sedang dibangun dan belum boleh dimanfaatkan antara lain canopy bridge dan canopy house.  Fasilitas baru tersebut diharapkan dapet berfungsi pada awal januari 2018.

Selain berwisata, pengunjung  dapat mengamati   1300 individu pohon yang terdiri 197 Jenis dari 52 famili, terdapat disepanjang jungle trekking sepanjang 4 km dan kalau beruntung, pengunjung dapat juga menjumpai orangutan.  Untuk panduan pengenalan tumbuhan di seppanjang jalur trekking, disediakan leaflet yang berisi nomor dan jenis pohon. Dengan membawa leaflet, pengamat dapat dengan mudah mengenali jenis-jenis pohon yang ada.

Setelah mengunjungi Sangkima Junggle Park, pelajar SMPN 7 Bontang melanjutkan wisata nya ke Pantai teluk Lombok, salah satu pantai yang terdapat di bagian Timur Taman Nasional Kutai.

Sumber : Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini