Kelola Taman Nasional, BTN Rawa Aopa Watumohai Gelar Konsultasi Publik

Jumat, 15 Desember 2017

Kendari - 14 Desember 2017, Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai mengadakan Konsultasi Publik “ Rencana Pengelolaan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Periode 2018 - 2027” yang dilaksanakan di Hotel Horison Kota Kendari pada Kamis 14 Desember 2017. Konsultasi public ini di hadiri oleh 40 orang peserta yang berasal 32 Lembaga antara lain UPT KLHK, BAPPEDA Provinsi, BAPPEDA Kab. Konawe, Bombana, Kolaka Timur dan Konawe Selatan, Dinas Kehutanan, Dinas Pariwisata & Dinas Pekerjaan Umum Provinsi serta 15 Kecamatan di sekitar kawasan, Komunitas Mangrove dan Komunitas Air terjun Pinanggotu. 

Kegiatan ini dilakukan untuk mengakomodir masukan dari para pihak dalam rangka tata kelola Taman Nasional untuk 10 tahun kedepan sehingga ke depan dengan paradigma baru pengelolaan kawasan Taman Nasional yang menempatkan masyarakat sebagai mitra utama menjadi pertimbangan pokok yang harus diakomodir. Sehingga Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai dapat berperan tidak hanya secara ekologis namun juga secara ekonomis yaitu memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat. 

Peran Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai tidak terbatas hanya pemanfaatan jasa lingkungan dan hasil hutan non kayu saja namun juga harus mampu mendukung inisiatif-inisiatif yang dikembangkan oleh masyarakat yang ada di desa penyangga Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai. Dengan upaya intervensi bidang peningkatan usaha ekonomi yang terus dilakukan, diharapkan mengurangi ketergantungan masyarakat akan produk kayu dari Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai sehingga tekanan terhadap kawasan semakin menurun.

Sumber: BTN Rawa Aopa Watumohai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini