CYCLOOP WANA RALLY 2017, DEMI CYCLOOP LESTARI

Sabtu, 09 Desember 2017

Jayapura, 9 Desember 2017. Dengan mengusung tema “AYO LINDUNGI DAN LESTARIKAN!!!’ kegiatan Lomba Lintas Alam Cycloop Wana Rally (CWR 2017) telah dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 9 Desember 2017, mulai pagi hari hingga menjelang petang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Hari Konservasi Kehidupan Liar Sedunia Tahun 2017.
Mengambil nama Cycloop Wana Rally karena kegiatan ini dilaksanakan pada kawasan CA. Peg Cycloop dengan mengingat akan pentingnya keberadaan CA. Peg Cycloop yang kaya akan keanekaragaman hayati berperan dalam menjaga fungsi hidrologis dan paru-paru Kota dan Kabupaten Jayapura sehingga harus mendapat perhatian dan kepedulian dari semua lapisan masyarakat.
Antusias peserta ditandai dengan banyaknya jumlah peserta yaitu 495 orang baik kategori pelajar dan umum yang berasal dari kalangan masyarakat, instansi, pemuda, mahasiswa, pelajar dan kelompok pecinta alam dengan memperebutkan piala bergilir dari Gubernur Papua dan total hadiah 30 juta rupiah.
Dalam sambutan pada saat apel peserta di Halaman Mesjid AURI Angkasa, Gubernur Papua yang diwakili oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.,MM yang berkenan hadir menyampaikan “Pemerintah Daerah Papua sangat mendukung segala kegiatan dalam upaya menjaga fungsi kawasan Cycloop sebagai paru-paru dan jantung kota” demikian ungkap beliau. “Semoga kegiatan ini dapat menciptakan generasi yang peduli pada lingkungan’ tandasnya lagi. Ir. Timbul Batubara., M.Si sebagai Kepala BBKSDA Papua dan pihak penyelenggara pada kesempatan yang sama mengungkapkan “Lomba Lintas Alam CWR 2017 adalah kegiatan dalam mengapresiasikan kepedulian dan kecintaan pada alam dan lingkungan serta merupakan bentuk dedikasi pada gerakan ikut menjaga fungsi kawasan konservasi CA Peg. Cycloop’ ucap beliau.
Walaupun awal kegiatan dihiasi dengan rintikan hujan bahkan sebelumnya hujan lebat mengguyur, tidak mengurangi semangat para peserta dan pihak penyelenggara. Jalanan yang licin, medan yang berat dan rintangan lomba yang harus dilalui tidak menjadikan pula peserta menjadi putus asa di tengah jalan, rute yang ditempuh peserta pada CWR 2017 berjarak ± 3 km dengan waktu tempuh ± 3 jam dimana lokasi start di daerah Angkasa dan lokasi finish di Pasir 6 (halaman rumah Ondoafi Kampung Necheibe) Distrik Jayapura Utara. Terdapat tujuh buah pos di sepanjang rute CWR yang memiliki tantangan dan rintangan yang berbeda-beda.
Akhir kegiatan CWR 2017, Ir. Timbul Batubara, M.Si menyampaikan secara tulus ucapan terima kasih kepada semua stake holder pendukung “Terimakasih kepada Bapak Wakil Gubernur Papua, Kadishut Prov. Papua, Polda Papua, Polres, Polsek, Koramil, TNI AD, TNI AU, khususnya Komandan Auri Papua, BASARNAS, Damkar, TAGANA, RAPI, TLCI, BPTH, BPPLHK, Pramuka SWB, Kader Konservasi, MMP, Wartawan, Tim Medis, NGO Lestari, Pemda Provinsi dan Kabupaten, Perbankan, Komunitas Reptil Papua, Tokoh masyarakat/adat dan seluruh tim kerja panitia serta berbagai pihak lainnya yang telah menyukseskan kegiatan”. “Salam hormat pada semua pihak yang berkomitmen dan berkontribusi pada kelestarian CA Peg. Cycloop” ungkapnya lagi.
Jaga Cycloop, LESTARI.....

Sumber : BBKSDA Papua & Tim Sukses CWR 2017

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini