Sosialisasi Zonasi Taman Nasional Sebangau

Sabtu, 09 Desember 2017

Palangka Raya (09/12/2017). Mulai selasa kemarin tepatnya tanggal 5 sd 8 Desember 2017, Balai Taman Nasional Sebangau melakukan kegiatan sosialisasi zonasi. Pada lima hari tersebut berhasil dilakukan rangkaian kegiatan sosialisasi zonasi di dua desa yakni Desa Tumbang Bulan Kecamatan Mendawai, dan Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan. Konon pada akhir tahun 90an, dua desa ini cukup terkenal karena merupakan lokasi Log Pond atau tempat penimbunan kayu sebelum diangkut oleh kapal/tongkang. 

Cukup spesial, kegiatan kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Sebangau (Ir. Anggodo, MM) dan hadir dalam kegiatan ini Kepala SPTN III Ferie Ariessandy, perwakilan fungsional, Mitrakerja WWF Kalteng, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat di Desa Tumbang Bulan. Diskusi, saran dan harapan disampaikan secara terbuka oleh masyarakat terkait pengelolaan Taman Nasional Sebangau kedepan. Jumlah peserta yang hadir dalam sosialisasi ini kurang lebih 45 orang.
Zonasi merupakan modal dan pedoman dalam pengelolaan taman nasional, sehingga masyarakat dan stakeholders sangat penting untuk mengetahui, bahkan terlibat dalam penyusunan hingga implementasinya. Zonasi Taman Nasional Sebangau yang disahkan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal KSDAE Nomor SK. 97/KSDAE/SET/KSDAE.0/3/KSDAE tanggal 24 Maret 2016, telah dijadikan pedoman dalam pengelolaan kawasan. Kepada masyarakat Kepala Balai mengajak untuk bersama-bersama mengawal, mengawasi dan bergandengan tangan dalam mewujudkan keseimbangan ekosistem Sebangau.
Dalam kesempatan ini Kepala Balai juga menyampaikan tentang Role Model, Visi dan tujuan pengelolaan serta arah pengembangan pariwisata alam di Taman Nasional Sebangau. Pada akhir sosialisasi dilakukan penyerahan peta zonasi Taman Nasional Sebangau, penyerahan bantuan satu unit kapal motor/kelotok kepada MPA, serta sumbangan buku dan alat tulis menulis untuk siswa-siswi di Desa Tumbang Bulan. Tidak lupa dilakukan penandatanganan berita acara sosialisasi zonasi dan penyerahan bantuan.
Sumber : Suyoko, Balai TN Sebangau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini