Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Suaka Margasatwa Tarusan Arau Hilir dan Barisan

Jumat, 08 Desember 2017

Padang, 8 Desember 2017.  Balai KSDA Sumatera Barat menyelenggarakan Kegiatan Konsultasi Publik Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Suaka Margasatwa Tarusan Arau Hilir dan Barisan periode 2018-2027 di Hotel Grand Zuri Padang pada tanggal 6-7 Desember 2017. Dalam kegiatan tersebut diundang stakeholders terkait dari unsur masyarakat, Organisasi Pemerintah Daerah di tingkat Kabupaten/Kota/provinsi, dan perguruan tinggi untuk memberikan masukan dan penyempurnaan terhadap draft dokumen Rencana Pengelolaan yang disampaikan.

Acara kegiatan konsultasi publik diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Dr.Ir. Erly Sukrismanto, M. Sc., dilanjutkankan pemaparan materi oleh Narasumber dari Bappeda Propinsi Sumatera Barat dan pemaparan Dokumen Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP) Suaka Margasatwa Tarusan Arau Hilir dan Barisan periode 2018-2027 oleh Budi Novella, S. Hut. MSi.

Hasil konsultasi publik Rencana Pengelolan SM Tarusan Arau Hilir dan Barisan ini menyepakati sasaran pengelolaan SM Tarusan Arau Hilir dan Barisan 10 Tahun kedepan yaitu : Mewujudkan kemantapan kawasan SM Tarusan Arau Hilir dan Barisan, Menyusun database potensi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, Menurunkan tingkat gangguan dan tekanan terhadap kawasan berupa pembalakkan liar (illegal logging), perambahan, kebakaran, perburuan liar dan gangguan kawasan lainnya, Meningkatkan kapasitas pengelola dalam mengelola kawasan dan sumberdaya yang ada di dalamnya, Mengembalikan fungsi ekosistem SM Tarusan Arau Hilir dan Barisan sebagai habitat Harimau Sumatera dan satwa dilindungi lainnya, Melakukan pemantauan keberadaan dan dinamika populasi Harimau Sumatera sebagai spesies penting dan dilindungi, Meningkatkan dukungan dan partisipasi stakeholder dalam pengelolaan kawasan SM Tarusan Arau Hilir dan Barisan, Mewujudkan kemitraan dalam pengelolaan kawasan SM Tarusan Arau Hilir dan Barisan.

Sumber: BKSDA Sumbar

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini