Kemah Konservasi, Wagub “Tahun Depan Bisa Jadi Ada Piala Gubernur”

Rabu, 06 Desember 2017

Sofifi, 2 Desember 2017. Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) baru saja selesai melaksanakan kegiatan Kemah Konservasi dalam rangka Hari Konservasi Alam Nasional di Resort Tayawi, Desa Koli, Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan ini sangat spesial karena Bapak Wakil Gubernur Maluku Utara berkenan hadir dan membuka secara resmi acara tersebut. Rombongan lain yang turut serta hadir antara lain Kepala Balai DAS Akemalamo, Sekretaris DInas Kehutanan Maluku Utara, perwakilan SKW I Ternate BKSDA Maluku dan perwakilan TNI dan Polri.
Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Maluku Utara menyatakan bahwa “Tahun depan bisa jadi acara kemah konservasi ada piala Gubernur Maluku Utara”. Beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan pendidikan lingkungan seperti ini dengan mengajak para generasi muda yang langsung dilaksanakan dikawasan konservasi (TNAL). Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan pelepasliaran burung paruh bengkok dan penanaman.
Kegiatan yang dilaksanakan di bumi perkemahan Goshimo II Resort Tayawi ini diikuti oleh beberapa kelompok mahasiswa pecinta alam Universitas Khairun, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, kelompok pemandu wisata dan kelompok pecinta alam dari Halmahera Tengah, yaitu CIPAL. Kemah Konservasi mendatangkan pemateri dari Profauna dan Jurnalis Mongabay yang juga sebagai ketua Aliansi Jurnasil Independen (AJI) Maluku Utara dan pengenalan tentang TNAL oleh Kepala SPTN Wilayah I Weda.
Materi yang disampaikan oleh Profauna adalah tentang konservasi satwa liar khususnya burung paruh bengkok di Maluku Utara, sedangkan Bapak Muhammad Ichy dari AJI menyampaiakan motivasi dan bagaimana caranya untuk menulis tentang lingkungan dengan bijak pada setiap media. Peserta juga diajak melakukan pengamatan burung Bidadari Halmahera dan berwisata alam di TNAL.
“Kami sangat menikmati acara ini, semoga tahun depan bisa ikut lagi dan acaranya lebih besar lagi”, kesan salah satu tim peserta kemah konservasi.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra
Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini