Sosialisasi Rencana Induk Pemberdayaan Desa Penyangga TN Bromo Tengger Semeru 2017

Selasa, 05 Desember 2017

Malang, 4 Desember 2017. Sosialisasi Rencana Induk Pemberdayaan Masyarakat Desa Penyangga (RIPMDP) TN Bromo Tengger Semeru 2017 dilaksanakan tanggal 4 Desember 2017 bertempat di Regent Park Hotel Kota Malang.  Acara di buka oleh Kepala Balai Besar TNBTS Ir. John Kenedie, MM, dan dihadiri oleh pejabat struktural  3, 4 , Kepala Resort dan fungsional TNBTS; Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa; Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo; Camat dan Kepala Desa yang menjadi lokus kegiatan pemberdayaan. 

Dalam kesempatan sambutan Kepala Balai Besar TNBTS menyampaikan bahwa   Maksud kegiatan ini agar para pihak (Pemerintah Daerah, Pengelola Kawasan Konservasi, Swasta, NGO, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Sekitar Penyangga TNBTS), yang berkepentingan secara langsung atau tidak langsung dengan TNBTS mampu bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa penyangga sekaligus meningkatkan keharmonisan pengelolaan kawasan konservasi. 

Adapun tujuan dari penyusunan RIPMDP itu memberikan arah PMDP agar sesuai dengan mandat utama BBTNBTS menjaga kawasan konservasi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa penyangga, tersusunnya indikator kinerja PMDP yang lebih terukur setiap tahap pengembangan bagi para pihak yang konsern pada pemberdayaan masyarakat sekitar TNBTS dan tersusunnya panduan induk PMDP yang berisi kegiatan-kegiatan strategis yang terukur dalam jangka waktu tertentu dimana semua pihak dapat bersinergi dalam kegiatan tersebut.

Sosialisasi dan Penyusunan RIPMDP TNBTS Tahun 2017 difokuskan di 3 Desa Penyangga yaitu Desa Ngadirejo Kec Jabung Kab Malang; Desa Ranu Pani Kec Senduro Kab Lumajang dan Desa Argosari Kec Senduro Kab Lumajang. Penyusunan RIPMDP TNBTS ini berkerja sama dengan Narasumber dari Universitas Brawijaya.

Dalam sosialisasi ini TNBTS mengundang Narasumber  yg sudah berhasil mengelola dan mengembangkan Desa Wisata di beberapa  tempat  yaitu  Andi Yuwono S.Sos, M.Si  (ketua Asidewi / Asosiasi Desa Wisata Jawa Timur) dan Bachtiar Djanan Machmoed S.T.  seorang praktisi wisata di Banyuwangi. 

Acara Sosialiasi ini mendapat respons  yang positip dari peserta/ Kepala Desa yg akan mengembangkan kegiatan wisata di desa masing-masing wilayahnya, yang intinya mendukung program yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Penyangga sekitar TNBTS tersebut.

Sumber : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini