BTN Bukit Baka Bukit Raya Bentuk Kader Konservasi Tingkat Pemula

Kamis, 30 November 2017

Peserta Pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula TNBBBR Tahun 2017

 

Sintang, 30 November 2017 – Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) dengan wilayah yang cukup luas dan tercakup didalam 3 wilayah kabupaten (Sintang, Melawi dan Katingan)  yang berada di 2 propinsi (Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah) memerlukan dukungan dari masyarakat luas untuk tercapainya tujuan pengelolaan yang bermanfaat dan mengandung nilai-nilai konservasi dan pelestarian lingkungan. Balai TNBBBR sebagai unit pengelolaa tidaklah akan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa adanya keterlibatan dan bantuan dari masyarakat yang berada di dalam atau disekitar kawasan. 

Dalam upaya untuk menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat khususnya kepada generasi muda perlu dilakukan sebuah kegiatan pendidikan non formal yang bertujuan untuk memperkenalkan pengelolaan kawasan konservasi TNBBBR yang dapat meningkatkan pengetahuan, perubahan sikap dan keterampilan generasi muda mengenai konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Dan untuk tahun 2017 Balai TNBBBR telah melakukan kegiatan Pembentukan Kader Konservasi untuk Tingkat Pemula yang dilaksanakan 2 kali pada masing-masing seksi pengelolaan. Untuk Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Nanga Pinoh telah dilaksanakan di Nanga Pinoh pada 14 s/d 17 September 2017 dan Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kasongan baru saja kita selesaikan yang berlangsung pada 27 s/d 30 Nopember 2017 di Tumbang Hiran.

Diikuti peserta sebanyak 60 orang yang berada pada tingkat pendidikan SMA dan Mahasiswa, kegiatan ini dilaksanakan selain dengan metode pembelajaran di kelas juga dilakukan kegiatan out bond yang dilaksanakan di lapangan dan semua peserta dapat mengikuti dengan baik dan penuh dengan suka cita. Materi yang disampaikan adalah materi konservasi tingkat dasar dan ilmu manajemen mencakup dasar-dasar konservasi, manajemen kawasan konservasi, ekologi dan inventarisasi sumber daya, navigasi, fotografi, manajemen, P3K dan SAR serta pengenalan terhadap konservasi orangutan. 

Dengan tema “Mewujudkan Sinergi Pengelolaan TNBBBR Bersama Kader Konservasi “  sebagai langkah terciptanya pengelolaan kawasan TNBBBR yang lestari (humas-BTNBBR).

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini