Sosialisasi Konservasi kepada Suku Anak Dalam (SAD)

Minggu, 26 November 2017

Batin, 25 November 2017. Sosialisasi konservasi merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) dengan kelompok sasaran masyarakat desa penyangga serta kelompok Suku Anak Dalam (SAD). Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada SAD tentang pentingnya menjaga kawasan hutan khususnya TNBD sebagai tempat tinggal mereka agar tetap lestari sehingga dapat diwariskan kepada anak cucunya. Hal ini sangat penting dilakukan karena SAD pun tidak lepas dari pengaruh perkembangan zaman sehingga adat istiadat/kearifan lokal mereka dalam mengelola dan memanfaatkan hutan bisa saja hilang, tergerus oleh perubahan sosial dan ekonomi.

Selain memberikan penyuluhan tentang konservasi kawasan TNBD, kegiatan sosialisasi konservasi biasanya dibarengi pula dengan kegiatan lain seperti peyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan dengan mnelibatkan instansi terkait misalnya Puskesmas terdekat.
?

Hal ini terlihat pada Sosialisasi konservasi yang dilakukan pada kelompok Tumenggung Girang di wilayah Kecamatan Batin XXIV pada tanggal 24 November 2017 lalu,yang melibatkan petugas dari Puskesmas Durian Luncuk untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan SAD kelompok ini. Pengobatan sangat membantu SAD, karena biasanya akses menuju sarana kesehatan dengan tempat tinggal mereka cukup jauh sehingga memerlukan waktu untuk mencapainya dengan berjalan kaki karena tidak semua SAD mempunyai kendaraan bermotor. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu SAD dalam meningkatkan taraf kesehatannya serta menunjukan keseriusan Balai TNBD dalam upaya mensejahterakan SAD yang ada di dalam dan sekitar kawasan.

Sumber : Balai TN Bukit Dua Belas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini