Serunya Lomba Asah Terampil Kelompok Tani Taman Nasional Bukit Duabelas

Minggu, 26 November 2017

Batang Hari, 26 November 2017. Kali perdana Balai Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) menyelenggarakan Lomba Asah Terampil Kelompok Tani yang ada di desa-desa penyangga wilayah SPTN I Batang Hari pada tanggal 25 November 2017 lalu yang dibuka oleh Kepala SPTN Wilayah I Batang Hari yaitu Bapak Erwin Iskandar S,S.Hut. Sejumlah 9 (Sembilan) kelompok tani yang berasal dari Desa Jelutih, Desa Hajran, Desa Olak Besar, Desa Paku Aji, Desa Sungai Ruan Ilir, Desa Sungai Ruan Ulu, Desa Sungai Lingkar, Desa Padang Kelapo dan Desa Peninjauan mengirimkan perwakilannya. Kelompok-kelompok ini pernah mendapat bantuan usaha peningkatan ekonomi pada program pemberdayaan masyarakat dari Balai TNBD.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan dan wawasan kelompok tani tentang TNBD sehingga pada lomba ini peserta diberi pertanyaan tentang kehutanan, konservasi dan kawasan TNBD serta ilmu pertanian. Ada 3 (tiga) babak lomba untuk penyisihan peserta hingga sampai pada babak akhir.

Antusiasme peserta pada kegiatan ini cukup tinggi, terlihat dari semangatnya saat menampilkan yel-yel dengan berbagai gaya serta kostum-kostum unik yang digunakan peserta seperti mahkota dan rok daun. Yel-yel yang disampaikan peserta pun menunjukan bahwa masyarakat pada dasarnya menyadari pentingnya keberadaan hutan TNBD bagi kehidupan mereka, seperti pada petikan yel-yel kelompok tani dari Desa Hajran :
“Satu satu, mari tanam pohon
Dua dua selamatkan hutan
Tiga tiga masyarakat aman
Satu dua tiga TNBD sejahtera”

Selain mengasah kemampuan dan wawasan peserta tentang TNBD,kegiatan ini mempunyai efek positif lainnya seperti Sosialisasi secara tidak langsung tentang kawasan TNBD kepada masyarakat baik peserta, penonoton serta tamu undangan yang hadir dan mendorong kerjasama yang lebih erat antara petugas Balai TNBD khususnya di SPTN Wilayah I Batang Hari dengan pemerintah setempat dan masyarakat sekitar kawasan karena kegiatan ini juga melibatkan pihak seperti Badan Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Kehutanan Kecamatan Batin XXIV Kabupaten Batang Hari.

Ke depannya, diharapkan lomba yang dimenangkan oleh Kelompok Tani Desa Olak Besar ini dapat diselenggarakan lagi, tidak hanya oleh Balai TNBD saja tetapi bersama-sama dengan pemerintah desa atau kecamatan sehingga masyarakat benar-benar menyadari pentingnya keberadaan kawasan TNBD bagi kehidupan mereka.

Sumber : Balai TN Bukit Duabelas

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini