1.900 Bibit Ditanam Balai TNBT dalam Gerakan Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup

Selasa, 28 November 2017

Rengat, 28 November 2017. Sesuai dengan Instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan terkait Gerakan Tanam dan Pelihara 25 Pohon Selama Hidup, seluruh Aparatur Sipil Negara Balai TN Bukit Tiga Puluh (TNBT) menanam pohon sebanyak 1.900 bibit.

Penanaman bibit pohon dilakukan dalam 3 (tiga) tahap yaitu tahap pertama telah dilakukan pada Minggu, 26 November 2017 di Danau Meduyen dan Makam Raja Kota Lama. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1.100 buah berupa bibit sirsak oleh sebanyak 53 pegawai dan 6 tenaga kontrak. Kepala Balai TNBT (Darmanto,SP.M.AP) mengawali menanam bibit sirsak kemudian diikuti oleh segenap ANS Balai TNBT.

Penanaman tahap kedua dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pematang Reba, Kab. Inhu pada Selasa, 28 November 2017. Penanaman tahap kedua ini digelar dengan seremonial penanaman mengundang Sekretaris Daerah Kab.Inhu yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab.Inhu.

Kepala DLH Kab Inhu Ir.Slamet MM., memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau memberikan apresiasi bagi Balai TNBT karena memilih RTH Pematang Reba sebagai area penanaman pohon. Gerakan tanam ini didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Inhu dan diharapkan akan mengoptimalkan wisata buah di Kab.Inhu.

Acara inti penanaman bibit pohon diawali oleh Kepala DLH Kab.Inhu kemudian diikuti oleh Kepala Balai TNBT dan segenap undangan dari Dinas PU dan Tata Ruang, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pertanian dan Perikanan,Unit Penanggulangan Bencana Daerah Kab
Inhu beserta Camat Rengat Barat dan Kelurahan Pematang Reba.

Bibit yang ditanam merupakan jenis Multi Purpose Trees Species (MPTS) meliputi Sirsak, kelengkeng,matoa dan jambu bol.

Tahap ketiga penanaman akan dilakukan oleh Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Tebo Jambi pada Kamis, 30 November 2017 Universitas Islam Negeri Jambi dipilih sebagai titik tanam. Total lubang tanaman sebanyak 300 buah.

Semoga bibit yang ditanam tumbuh dengan subur dan mampu menghijaukan sebagian kecil bumi ini.

Sumber : Balai TN Bukit Tiga Puluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini