Balai Taman Nasional Tambora Ajak Masyarakat Belajar Ke Taman Nasional Gunung Rinjani

Senin, 27 November 2017

Mataram, 27 November 2017. Komitmen Balai Taman Nasional Tambora untuk mewujudkan pengelolaan kawasan taman nasional berbasis masyarakat terus diwujudkan. Kesempatan kali ini Balai Taman Nasional Tambora menginisiasi kunjungan belajar ke Taman Nasional Gunung Rinjani. Kunjungan ke Taman Nasional Rinjani tersebut diikuti perwakilan masyarakat desa binaan Balai Taman Nasional Tambora.

Pertimbangan utama dipilihnya Taman Nasional Gunung Rinjani sebagai lokasi belajar bagi masyarakat, salah satunya TNGR dan TNT memiliki potensi wisata yang hampir sama dimana keduanya merupakan taman nasional pegunungan. Dalam kunjungan lapangan ke TNGR tersebut diikuti 15 orang dimana peserta nantinya diharapkan sebagai agen perubahan untuk pengembangan Taman Nasional Tambora. Masyarakat yang diajak belajar ke TNGR diharapkan mampu menjadi ujung tombak perubahan orientasi masyarakat harus mulai mengarah pada pengembangan wisata alam TNT berbasis masyarakat.

Kunjungan yang dilaksanakan selama empat hari mulai dari tanggal 27 sampai dengan tanggal 30 Nopember 2017 tersebut, teragendakan pada tiga resort pengelolaan TNGR yang sudah berkembang sektor pariwisatanya yaitu Resort Senaru, Resort Sembalun dan Resort Joben. Masyarakat dan pengawai TNT yang belajar ke TNGR tersebut diharapkan mendapatkan pelajaran bahwa saat ini masyarakat sekitar TNGR sudah bergantung pada sektor wisata. Kondisi tersebut terlihat dari beberapa aktivitas masyarakat yang mengarah pada upaya penyediaan jasa wisata alam seperti guide, porter,penyedia jasa kuliner termasuk penyedia jasa akomodasi (homestay, restaurant dan lain-lain).

Pada kesempatan tersebut, masyarakat akan berinteraksi dan belajar dari kelompok binaan Balai TNGR baik itu kelompok poter, guide, pelaku usaha termasuk belajar evakuasi kecelakaan pengunjung. Kedatangan masyarakat binaan Balai Taman Nasional Tambora kali ini menjadi awal mulainya mewujudkan “Sister Park” Taman Nasional Tambora dengan Taman Nasional Gunung Rinjani sebagaimana sambutan kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (Dr. R. Agus Budi S). Dalam sambutannya Budhy Kurniawan (Kepala Balai Taman Nasional Tambora) menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani sebagai tempat belajar bagi masyarakat. Untuk mewujudkan “Sister Park” tersebut, secara simbolis Kepala Balai Taman Nasional Tambora menyerahkan Banner promosi dan publikasi terkait potensi Taman Nasional Tambora kepada Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani. Pertukaran informasi dan publikasi tersebut diharapkan menjadi jembatan membangun konektivitas destinasi antara dua taman nasional di NTB tersebut.

“The Sound From Caldera”

Sumber : Balai TN Tambora

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini