Inilah Para Pemenang Lomba Foto Potensi TWA yang Diselenggarakan BBKSDA Jawa Barat

Senin, 27 November 2017

Bandung, 25 November 2017. BBKKSDA Jawa Barat baru saja selesai menyelenggarakan lomba foto potensi TWA. Lomba yang mengusung tema “ Eksotisme Taman Wisata Alam Jawa Barat-Banten” diselenggarakan untuk mengenalkan sekaligus juga mempromosikan kawasan konservasi, khususnya taman wisata alam yang ada di wilayah kerja BBKSDA Jawa Barat.  

Lomba fotografi tersebut telah diumumkan di situs resmi BBKSDA Jawa Barat serta di setiap media sosial yang dikelola BBKSDA Jawa Barat (Facebook, Twitter, Instagram) serta melalui media cetak berupa spanduk, banner, maupun poster yang dipasang di setiap pintu masuk taman wisata alam.

Lomba yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu panorama alam, flora, dan fauna ini cukup menarik animo masyarakat. Hal tersebut dapat dilhat dari profil peserta yang berasal dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, pegawai negeri sipil, hingga photografer.

Sejak diumumkan pertama kali pada tanggal 16 Oktober 2017 hingga batas akhir pengiriman file foto tanggal 18 November 2017 pukul 00.00 WIB, panitia telah menerima sebanyak 130 file foto yang terdiri dari 65 file untuk kategori panorama alam, 33 file kategori fauna, dan 32 file untuk kategori flora.

Lomba ini menyertakan dua orang juri berpengalaman dengan latar belakang sebagai fotografer profesional Indonesia, yaitu M. Fahd Nusyir Zairin dan Muhammad Rivaldi serta satu orang juri dari BBKSDA Jawa Barat, yaitu Ir. Sustyo Iriyono, M.Si.

Setelah dilakukan seleksi awal oleh panitia didapatkan 11 foto untuk kategori panorama alam, 9 foto untuk kategori fauna, dan 7 untuk foto kategori flora. Tepatnya pada tanggal 24 November 2017 dilakukan penilaian akhir oleh ketiga juri dengan memilih 5 foto terbaik yang masuk kriteria penilaian dari masing masing kategori. Dari kelima foto tersebut, juri melakukan penilaian akhir dengan melihat file dan mengecek metadata yang terdapat pada file foto tersebut.

Penilaian yang dilakukan berdasarkan 4 kriteria penilaian meliputi teknik fotografi; konsep dan orisinalitias serta gagasan dari Foto; unsur pesan informasi yang disampaikan; serta kesesuaian tema. Setelah melalui pleno, maka juri menetapkan 3 pemenang dari masing-masing kategori. Ketiga pemenang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat No. SK.664/K.1/TU/TU.3/DIPA/11/2017 tanggal 24 November 2017.

Dan….. inilah pemenang lomba foto yang diselenggarakan oleh BBKSDA Jawa Barat.

  1. Kategori Panorama Alam 

    Juara I  : Chairil ; Judul foto     : “ Perahu Wisata Situ Patengan”

    Juara II : Afif Triyoga; Judul foto     : “ Kabut Pagi di Telaga Patengan”

    Juara III : Yogyanto D.S; Judul foto     : “ Mengintip diantara Awan Senja”

  2. Kategori Flora 

    Juara I    : Fatih Naufal M; Judul foto     : “ Kelahiran Sang Bunga Abadi”

    Juara II   : Reza fauzi; Judul foto     : “ Next Generation Suagi”

    Juara III  : Encep Nurdin; Judul foto     : “Si Cantik dari Papandayan”

  3. Kategori Fauna 

    Juara I : Muhammad Hasbi Hamdani; Judul foto     : “Berjalan Seiringan”

    Juara II : Farits Alhadi; Judul foto     : “Katak Terbang Hijau”

    Juara III: Ganjar Cahyadi; Judul foto    : “In the Front of the Dark”

Selamat Kepada Pemenang …!!!!

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini