Gerakan Bersih Pantai Coastal Clean Up (CCU) Karimunjawa 2017

Minggu, 26 November 2017

Karimun Jawa, 26 November 2017. Bersih, Bagus, Indah. Itulah slogan Gerakan Bersih Pantai Coastal Clean Up (CCU) Karimunjawa 2017, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengendalian Pencemaran dan  Kerusakan Pesisir dan Laut, Direktorat Jendral Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 25 Nopember 2017, dengan lokasi di pantai sekitar alun alun Karimunjawa dan Legon Lele.

Kegiatan diikuti oleh 1) Dinas instansi; Balai Taman Nasional Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kepala Polsek Karimunjawa, Komandan Rayon Militer 10  Karimunjawa, Pos TNI AL Karimunjawa, Unit Penyelenggara Pelabuhan Klas III Karimunjawa, Pelabuhan Perikanan Pantai Karimunjawa, Dinas Lingkungan Hidup Jepara dan Perangkat Desa Karimunjawa. 2) Masyarakat meliputi siswa-siswi SMP Negeri 1  Karimunjawa, SD Negeri 1 dan 2 Karimunjawa. 3) Kelompok masyarakat meliputi Yayasan 27 Pulo dan Himpunan Pramuwisata Indonesia Karimunjawa.
4) WCS Marine Programme Karimunjawa.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Ikamat Undip Semarang. Kegiatan didahului upacara pembukaan dengan acara sambutan Camat Karimunjawa,  Kepala Balai TN Karimunjawa dan Direktur PPKPL Dirjen PPKL KLHK sekaligus membuka CCU Karimunjawa 2017. Dalam acara tersebut juga diberikan bantuan peralatan kebersihan kepada SMP Negeri 1, SD Negeri 1 dan 2 Karimunjawa serta Kecamatan Karimunjawa.

Metode bersih pantai. Peralatan yang digunakan meliputi garu sampah, kantong sampah, kaos tangan, masker dan timbangan. Didukung oleh 1 satu truk sampah dari DLH Jepara, 4 pick up, 4 kendaraan roda tiga dan 1 unit mobil patroli BTNKj.

Peserta bersih dibagi dua kelompok besar tersebar di dua lokasi, sekitar Alun Alun Karimunjawa dan Legon Lele. Peserta menyisir pantai sambil mengambil sampah yang dijumpai dengan mempergunakan alat bahan yang telah disiapkan, sekaligus sampah dikumpulkan berdasarkan lima kategori yaitu meliputi botol plastik, botol kaca, kain, sterofoam dan tali.

Total sampah yang terkumpul dari lima kategori tersebut adalah kurang lebih 700 kg. Selanjutnya sampah dimuat ke dalam truk sampah DLH Jepara untuk diangkut ke Jepara.

Acara dimeriahkan dengan atraksi tari tarian tradisional dari SMP Negeri 1 dan SD Negeri 2 Karimunjawa dan pembagian door prize kepada peserta CCU. Kegiatan berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir dan ditutup dengan makan siang bersama.

Sumber :  Kristiawan - PEH Balai TN Karimun Jawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini