Pokdarwis Segara Indah Optimis Berbisnis Wisata Berbasis Alam dan Budaya di Teluk Terima, TN Bali Barat

Kamis, 23 November 2017

TELUK TERIMA, 21 Nopember 2017. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan lembaga informal masyarakat yang berperan dan berkontribusi penting dalam pengembangan wisata di daerah. Salah satu Pokdarwis yang berada di Daerah Penyangga Taman Nasional Bali Barat (TNBB), adalah Pokdarwis Segara Indah, tepatnya di Desa Sumberklampok. Pokdarwis tersebut telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Nomor :
25/DISBUDPAR/2016 tanggal 12 Juli 2016.


Dalam rangka pembinaan Pokdarwis, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng bersama Balai TN Bali Barat melaksanakan kegiatan pendampingan untuk penguatan kelembagaan dan kemitraan. Kegiatan dilaksanakan pada hari selasa, 21 Nopember 2017 di Sekretariat Pokdarwis Segara Indah, Banjar Teluk Terima.
Acara dibuka oleh Ketua Pokdarwis Segara Indah dan dihadiri oleh Perbekel (Kepala Desa) Sumberklampok, Kepala Bidang Sumberdaya Pariwisata, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang, Bendesa Sumberklampok, pengurus dan anggota Pokdarwis Segara Indah.
Kegiatan Pembinaan Pokdarwis diawali dengan kata sambutan oleh Wayan Sawitra Yasa (Perbekel Sumberklampok), Hendra Gunawan (Kepala SPTN Wilayah III Labuan Lalang) dan I Putu Kusdianto (Kepala Bidang Sumberdaya Pariwisata, Dinas Pariwisata Buleleng) serta dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh I Nyoman Sempiden (Kepala Seksi Bimbingan Mansyarakat, Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng).


Dalam sambutannya, Wayan Sawitra Yasa menyampaikan bahwa keberadaan Pokdarwis Segara Indah berperan dalam pengembangan potensi wisata di Desa Sumberklampok. Wayan juga berharap, ke depannya Pokdarwis mendapat kesempatan untuk mengelola potensi wisata bahari dan wisata konservasi di kawasan TNBB di daerah Teluk Terima, sehingga keberadaan TN Bali Barat dapat memberikan manfaat nyata bagi kesejahteraan masyarakat Teluk Terima. Sementara itu, Putu Kusdianto dalam arahannya kepada pengurus dan anggota Pokdarwis, agar terus menjaga semangat dalam merealisasikan program dan kegiatan yang menunjang usaha pariwisata dengan tetap berpedoman pada aturan yang berlaku.
Dalam sesi diskusi, Gede Yastawan, Wakil Ketua Pokdarwis menyatakan bahwa Sumberklampok merupakan "segara gunung" yang berarti memiliki wilayah dengan keindahan perbukitan dan lautan. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan untuk aktifitas snorkeling, canoeing, diving dan treking, yang dikelola bersama oleh masyarakat serta didampingi oleh Dinas Pariwisata dan Balai TN Bali Barat.


Pokdarwis optimis, keindahan alam dan budaya tersebut akan memberikan manfaat langsung kepada masyarakat di sekitarnya. Merespon harapan dan masukan pengurus Pokdarwis, Hendra Gunawan mengatakan bahwa Balai TNBB siap memfasilitasi dan mendampingi inisiatif Pokdarwis dalam pengelolaan wisata di Teluk Terima. Hendra juga menegaskan tentang pentingnya kesediaan Pokdarwis untuk mematuhi peraturan pengelolaan wisata di taman nasional serta membangun jejaring kerjasama dengan pemerintah desa, swasta, dan kelompok masyarakat lainnya.


Keberadaan Pokdarwis tersebut perlu terus didukung dan dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam menggerakan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan situasi yang kondusif bagi tumbuh kembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar kawasan TN Bali Barat.

Sumber: Balai TN Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini