Seru, Begini cara Flying Team Ditjen KSDAE Menangani Konflik Tenurial di TN. Aketajawe Lolobata

Jumat, 17 November 2017

Sofifi, 9 November 2017. Sesuai dengan rumusan rapat antara DPRD Halmahera Timur, Kepala Desa Ake Jawi beserta beberapa perwakilan masyarakat dan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) dengan Dirjen KSDAE, Bapak Wiratno di Gedung Manggala Jakarta tanggal 19 Oktober bulan lalu, maka sebagai tindaklanjutnya flying team Ditjen KSDAE melakukan pengecekan langsung dilapangan (8/11).

Peninjauan lapangan bertujuan untuk memperoleh data atau fakta-fakta terkait batas kawasan TNAL dengan lahan bersertifikat dan lahan garapan milik masyarakat. Sebelum menuju lokasi lahan, flying team yang terdiri dari beberapa perwakilan Direktorat-direktorat lingkup KSDAE mengadakan pertemuan singkat dengan masyarakat, Badan Pertanahan Negara (BPN), Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Anggota DPRD Halmahera Timur.

“Kami (flying team) disini bertugas untuk mengumpulkan data dilapangan, jadi mohon masukan dan informasi dari bapak-bapak sekalian terkait data dilapangan”, kata Ibu Azizah dari Direktorat PIKA.

Sesampainya dilokasi, BPN menunjukkan letak 2 (dua) lahan masyarakat yang sudah memiliki sertifikat didalam kawasan TNAL. Sertifikat tersebut dikeluarkan pada tahun 1992, sedangkan kawasan TNAL ditunjuk pada tahun 2004.

Berlanjut ke lokasi lahan garapan. Pengecekan lapangan dilakukan sampai area bendungan dan saluran air bersih, kemudian dilahan garapan masyarakat yang juga sebagai tempat pengamatan burung bagi kebanyakan wisatawan. Sembari melakukan pengecekan lapangan, flying team juga menghimpun informasi dari masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut

Seru, karena anggota flying team harus menyeberangi sungai dan mendaki lereng terjal yang berkarang. Mereka juga harus mendengarkan banyak aspirasi masyarakat baik dengan suara lantang ataupun pelan. Dan tentunya tim juga dijamu dengan buah khas desa Ake Jawi, semangka.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra
Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini