Festival Way Kambas 2017 dibuka Gubernur Lampung

Senin, 13 November 2017

Labuhan Ratu (11/11/17), Bertempat di lapangan Pusat Latihan Gajah TN Way Kambas, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, didampingi oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, dan Bapak  Muhaimin Iskandar, secara resmi membuka Festival Way Kambas 2017, dengan pemukulan gong, pada hari Sabtu 11 Nopember 2017, jam 15.30 WIB.

Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dan rombongan saat menuju lokasi menunggangi gajah jinak dan kereta gajah PLG TNWK dalam acara parade pawai budaya 24 kecamatan di Lampung Timur. Kehadiran Gubernur Ridho ini, disambut ribuan masyarakat pengunjung PLG TN Way Kambas.

Festival Way Kambas, merupakan kegiatan promosi pariwisata sekaligus kampanye pelestarian satwa endemik Sumatra yang terancam punah seperti gajah sumatera, harimau sumatera, badak sumatera, beruang madu, dan tapir. Ini salah satu ikon pariwisata Lampung yang harus dijaga, dilestarikan, dan dijadikan kebanggaan bersama. Dalam mempromosikan pariwisata berbasis alam, menjaga kelestarian alam merupakan hal penting. Saya ingin kita bersama memahami batasan alam dalam mendukung pariwisata alam guna menghindari potensi kerusakan alam. Untuk itu, Pemprov Lampung bekerjasama dengan perguruan tinggi dan pihak terkait membuat dan menentukan batas tersebut,” kata M. Ridho Ficardo saat konferensi pers, usal membuka Festival Way Kambas.

“Kita memiliki Lampung Krakatau Festival, namun kegiatan tersebut harus didukung kegiatan lain, yakni Festival Way Kambas. Kedua potensi dikembangkan dan menjadi festival unggulan nasional Lampung,” tambah Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.

“Kegiatan ini bukan hanya mendongkrak kreatifitas, komitmen dan dedikasi, tetapi perekonomian. Saya yakin Taman Nasional Way Kambas menjadi kunjungan yang luar biasa bagi Indonesia,” kata Muhaimin Iskandar.

Menurut Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim, Festival Way Kambas telah berlangsung selama 17 kali, ada 22 agenda di festival tahun ini selain festival budaya, juga ada Jejak Petualang, Agro Expo, Forest Photography, Fun Bike, Lari 10 K, dan Fashion Show. Festival Way Kambas 2016 merupakan yang paling ramai, dan Insya Allah tahun ini menjadi festival yang lebih ramai lagi,” ujar Nunik panggilan akrab Ibu Bupati Lampung Timur ini.

“Kalau Ibu Bupati dan Bapak Gubernur sudah membicarakan Taman Nasional Way Kambas, itu berarti pengelolaannya sudah berhasil. Dengan kerjasama dan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur serta Pemerintah Propinsi Lampung, alhamdulillah peningkatan pengunjung dan PNBP sangat signifikan yaitu mencapai 300 % pada tahun 2017 ini,” demikian penjelasan Kepala Balai TN Way Kambas Bapak Subakir, SH. MH. pada konferensi pers.

Sumber : BTN Way Kambas/ Hartato

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini