Refleksi Nilai – Nilai Perjuangan Para Pahlawan Dalam Mengelola Kawasan Konservasi Di Pulau Sumba

Jumat, 10 November 2017

Waingapu, 10 November 2017. Bertempat di halaman kantor Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa), staf dan karyawan/ti TN Matalawa melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017.  Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017 ini dipimpin oleh Kepala Balai TN Matalawa (Maman Surahman, S.Hut., M.Si) selaku  inspektur upacara.

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia yang disampaikan oleh Inspektur upacara bahwa setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan, dan para pendiri Republik Indonesia yang telah berjuang dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan  sehingga sampai saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

Hari pahlawan yang diperingati ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan, bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pesan para pendiri bangsa bagi generasi selanjutnya setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara yang berdaulat, adil dan makmur. Semangat Perkokoh Persatuan Membangun Negeri merupakan langkah awal kita dalam mewujudkan pesan-pesan para pendiri bangsa demi Negara Indonesia yang kita cintai.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72 tahun 2017 lingkup Balai TN Matalawa ini dilaksanakan dengan suasana khidmat dan tertib.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini