Uncen Entrepreneur Festival 2017 Ajang Sarana Kampanye Kader Konservasi

Jumat, 10 November 2017

Jayapura, 9 November 2017. Sesuai dengan semangat pelaksanaan kegiatan Uncen Entrepreneur Festival di Lapangan Aula Auditorium Universitas Cenderawasih dengan tema “Career Development Center (CDC)” yang bertujuan memperkenalkan para entrepreneur muda UNCEN agar bisa menjadi contoh dan menambah wawasan anak-anak muda khususnya mahasiswa tentang dunia entrepreneur yang berwirausaha dan kampanye di bidang kuliner, fashion, industri, kreatif, flora, edupreneur dan sociopreneur.

Kader Konservasi yang telah dididik/ditetapkan sebagai penerus upaya konservasi sumber daya alam telah menjalankan tupoksinya menggerakkan masyarakat dalam upaya pelestarian tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi undang – undang sebagai satwa endemik Papua. Salah satu hewan yang dilindungi seperti Cenderawasih Kuning Kecil (Paradisaea minor) yang didukung secara tegas dengan Surat Edaran Gubernur Papua Nomor : 660.1/6501/SET Tanggal 9 Juni 2017 Tentang Larangan Penggunaan Burung Cenderawasih Asli Sebagai Asesoris dan Cinderamata dimana dalam salah satu pernyataan tersebut “Pengaturan penggunaan Burung Cenderawasih asli dapat mendorong terciptanya kreatifitas imitasi Burung Cenderawasih dan pengembangan produk turunannya yang juga merupakan peluang pengembangan ekonomi kreatif Papua”.

Pendamping dari Forum Komunikasi Kader Konservasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Papua Chandra, mengakui bahwa Uncen Entrepreneur Festival 2017 ini melalui kader konservasi dapat berperan aktif dalam menumbuhkembangkan gerakan upaya-upaya konservasi sumber daya alam di tengah-tengah Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Uncen. Menurutnya, pameran ini mampu menjadi pintu masuk dan bertukar pikiran tentang bagaimana konservasi di wilayah kampus sehingga kedepannya muncul kelompok-kelompok pecinta alam/mahasiswa pecinta alam di lingkungan kampus yang saat ini sangatlah miris hanya ada 2 atau 3 kelompok saja.

“Untuk generasi muda, acara ini cukup membuka jaringan untuk bersosialisasi dan bersilaturahmi. Selain itu, sekaligus mampu memberikan wawasan konservasi yang sebelumnya belum dimiliki tentang jenis-jenis tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi. Harapannya, para kader konservasi ini dapat menjadi inisiator, motivator, fasilitator dan dinamisator sebagai mitra bina cinta alam” pungkasnya.

Sebagai informasi, secara resmi kegiatan Uncen Entrepreneur Festival Tahun 2017 berlangsung dari tanggal 6 sd 7 November 2017 di Aula Auditorium Universitas Cenderawasih. yang diikuti 20 institusi tersebut terdiri dari Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Uncen 8 Fakultas dan 12 dari institusi seperti PT. Freeport, Sagu Foundation, Gramedia, Telkomsel dan lainnya.

Sumber Info : Chandra Irwanto Lumban Gaol – Penyuluh Kehutanan BBKSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini