Balai TN Bukit Duabelas Goes To Campus

Senin, 06 November 2017

Sarolangun – 6 November 2017, Balai Taman Nasional Bukit Duabelas semakin memperluas cakupan penyebaran informasi untuk menyadartahukan masyarakat tentang pentingnya Taman Nasional dan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Sasaran penyebaran informasi pada awalnya antara lain adalah masyarakat desa penyangga, para siswa-siswi sekolah umum, kelompok masyarakat Suku Anak Dalam dan anak-anak Sekolah Rimba. Namun sejak perluasan penyebaran informasi dilakukan terhadap kelompok mahasiswa, kegiatan tersebut dikemas dalam suatu program ‘’Taman Nasional Bukit Duabelas Goes To Campus’’.

Pemikiran akan perlunya menyentuh kaum pemuda-pemudi dalam penyebaran informasi diharapkan tidak hanya sekedar menerima informasi, namun juga menciptakan suatu tindakan. Upaya yang tercipta dapat dilanjutkan dengan membuat kerja sama pengelolaan. Perbedaan antara sasaran awal penyebaran informasi yang telah disebutkan sebelumnya dengan kaum pemuda-pemudi adalah lokasi. Sasaran-sasaran awal berada cukup dekat dengan kawasan, sedangkan kaum pemuda-pemudi atau mahasiswa berada jauh dari kawasan karena letak kampus yang biasanya ada di kota.

Taman Nasional Bukit Duabelas Goes To Campus pada tahun 2017 sudah dilaksanakan sebanyak 2 kali. Pelaksanaannya adalah di bulan Oktober. Kunjungan pertama Balai Taman Nasional Bukit Duabelas adalah ke Universitas Jambi Kampus Sarolangun yang berada di Kecamatan Pelawan, Kabupaten Sarolangun pada tanggal 19 Oktober 2017 dan selanjutnya adalah ke Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian – Graha Karya yang berada di Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari pada tanggal 26 Oktober 2017.

Tata cara pelaksanaan Taman Nasional Bukit Duabelas Goes To Campus dilakukan dalam forum diskusi. Balai Taman Nasional Bukit Duabelas memberikan pemaparan mengenai pengenalan Taman Nasional Bukit Duabelas dan pengelolaannya. Pemateri yang memberikan pemaparan adalah petugas-petugas fungsional khusus, yaitu Penyuluh, Polisi Kehutanan dan Pengendali Ekosistem Hutan. Pemateri masing-masing menjelaskan mengenai kegiatan yang biasa dilakukan sesuai tugas fungsi masing-masing.

Pemaparan juga diselingi dengan pemutaran film dokumenter tentang kegiatan-kegiatan pengelolaan Taman Nasional Bukit Duabelas. Antusias peserta yang berjumlah 50 orang terlihat sangat jelas. Peserta secara bergantian terus melemparkan pertanyaan kepada pemateri. Mereka menyatakan bahwa mereka tentunya tidak tahu-menahu mengenai Taman Nasional Bukit Duabelas sebelum adanya kunjungan dan pemaparan. Antusias tersebut disimpulkan oleh pemateri dengan mengajukan pertanyaan kepada peserta, ‘’Siapa yang berminat bertugas seperti kami? Masuk ke dalam hutan?’’. Sekitar 2/3 dari jumlah peserta mengacungkan jari.

Balai Taman Nasional Bukit Duabelas juga mempersiapkan souvenir-souvenir bagi peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik atau peserta yang dapat menjawab pertanyaan pemateri dengan baik. Souvenir yang disiapkan antara lain adalah buff (bandana / masker), goody bag dan botol minum yang memiliki gambar logo Ayo Ke Taman Nasional, Taman Nasional Bukit Duabelas dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta tulisan ‘’Salam Konservasi !! HHUU, HHAA, HHUU, HHAA !!’’ dan ‘’Salam Rimba !!, Lestari !!’’.

Pemberian souvenir ini diharapkan juga dapat digunakan sebagai media promosi Taman Nasional Bukit Duabelas. Peserta masing-masing juga diberikan media-media informasi seperti leaflet, buletin dan buku informasi. Stiker juga diberikan bagi tiap peserta. Di akhir acara, pihak Balai Taman Nasional Bukit Duabelas meminta bentuk komitmen untuk melakukan upaya konservasi kepada peserta dengan menandatangani papan ‘’Komitmen Konservasi’’.

Sumber: Balai TN Bukit Duabelas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini