Launching Pengelolaan Wisata Alam Berbasis Masyarakat Grenden

Kamis, 02 November 2017

Magelang, 2 November 2017. Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menggelar Launching Pengelolaan Wisata Alam Berbasis Masyarakat di Grenden, Resort Wekas, SPTN Wilayah II Krogowanan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Pogalan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang, Kapolres serta Danramil Pakis, Camat Pakis, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang, perwakilan dari Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam Yogyakarta dan Balai KSDA Jawa Tengah, serta para masyarakat penggiat wisata alam.

Kerjasama antara Balai Taman Nasional Gunung Merbabu dengan Penggiat Wisata Alam Grenden telah resmi ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama.

“Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat di dalam dan/atau sekitar kawasan untuk upaya pelestarian dan pemanfaatan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar kawasan terhadap konservasi kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu, serta untuk mengembangkan potensi wisata alam terbatas di zona tradisional kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu”, ujar Ir. Edy Sutiyarto Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

Launching ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, pemotongan pita oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Pelepasan burung sebanyak 60 ekor, serta pemancangan pal batas.

Kemitraan di zona tradisional grenden ini merupakan salah satu role model yg diajukan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu kepada Direktur Jenderal KSDAE untuk diselesaikan pada Tahun 2018. Dengan ditandatanganinya kemitraan ini berarti Balai Taman Nasional Gunung Merbabu telah memulai/mendahului tahapan milestone dalam role model Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

Selanjutnya diharapkan masyarakat Dusun Grenden yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu dapat meningkat kesejahteraannya. Dan dengan kerjasama ini mendukung kerja bersama antara masyarakat Dusun Grenden, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, serta instansi yang berada di Kabupaten Magelang.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini