Pembesaran dan Perguliran Ikan Arwana Di Dusun Kenelang Desa Laut Tawang

Rabu, 01 November 2017

Semitau, 1 November 2017. Bertempat di rumah sederhana milik Ketua Kelompok Pembesaran dan Perguliran Arwana “USAHA BERSAMA” Bpk. Abang Subandi, Kepala Resort Tengkidap SPTN Wilayah VI Semitau Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS) menyerahkan 30 ekor anakan Ikan Arwana Super Red (Scleropages formosus) sebagai bagian dari kegiatan pemberdayaan masyarakat di daerah desa penyangga kawasan TNDS.

Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) pada tahun 2017 memberikan 10 (sepuluh) paket pemberdayaan masyarakat untuk 10 (sepuluh) desa yang berada di dalam maupun di sekitar kawasan. Salah satu desa penerima bantuan adalah Desa Laut Tawang yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Kelompok “USAHA BERSAMA” sebagai kelompok penerima bantuan pembesaran dan perguliran Ikan Arwana di Desa Laut Tawang beranggotakan 30 orang dan berkomitmen untuk melestarikan Ikan Arwana beserta habitatnya.

“Kita bersyukur tahun ini mendapatkan bantuan pembesaran dan perguliran Ikan Arwana dari pihak TNDS, semoga bantuan ini memberikan efek positif bagi masyarakat dan sebaliknya kita harus menjaga kawasan hutan TNDS yang merupakan habitat alami Ikan Arwana ini”, ujar Bpk. Abang Subandi Ketua Kelompok Usaha Bersama.

Kegiatan pembesaran dan perguliran Ikan Arwana ini adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan tahun –tahun sebelumnya, konsep kegiatan ini adalah dengan membesarkan anakan Ikan Arwana sampai maksimal 2 (dua) tahun, setelah mencapai usia 2(dua) tahun bisa ditukar dengan 2 (dua) ekor atau lebih anakan Ikan Arwana sejenis. Setelah itu dari 2 (dua) ekor anakan Ikan Arwana hasil dari pertukaran tersebut, 1 (satu) ekor anakan untuk pribadi anggota kelompok dan 1 (satu) ekor untuk TNBKDS yang nantinya akan digulirkankepada kelompok baru, sehingga diharapkan semua masyarakat Desa Laut Tawang khususnya Dusun Kenelang mempunyai Ikan Arwana dan membudidayakannya serta menperjual belikan Ikan Arwana tersebut.

“Semoga kegiatan pembesaran dan perguliran Ikan Arwana ini dapat berkelanjutan sehingga taraf hidup seluruh anggota masyarakat dapat meningkat serta dapat menjadi role model / contoh keberhasilan pembesaran dan perguliran Ikan Arwana yang dapat di replikasi oleh kelompok masyarakat lain di dalam maupun di sekitar kawasan ” Ucap Bpk. M. Reka Permana, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah VI Semitau.

Kepala Resort Tengkidap, Bpk. Ahmad Muslim berharap agar pendampingan dan peningkatan kapasitas masyarakat khususnya anggota kelompok USAHA BERSAMA terus ditingkatkan sehingga pengetahuan anggota kelompok dalam budidaya Ikan Arwana bertambah. Bukan tidak mungkin dengan pendampingan yang berkelanjutan dan berjenjang, Desa Laut Tawang menjadi sentra (penangkaran) Ikan Arwana di Kabupaten Kapuas Hulu.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini