Ajang Pembentukan Generasi Muda Yang Konservasonis

Selasa, 31 Oktober 2017

Putussibau, 30 Oktober 2017.  Bertempat di Pulau Sepandan yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum telah dilaksanakan kegiatan perkemahan Pendidikan Dasar (Diksar) Pramuka Saka Wanabakti Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum.  Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan perkemahan masa orientasi yang dilaksanakan pada tanggal 6 s/d 8 Oktober 2017 di perkemahan eks kantor Balai Besar TN Betung Kerihun, Putussibau-Kapuas Hulu. 

Selama 5 hari kegiatan mulai dari tanggal 24 s/d 28 Oktober 2017 telah dilakukan berbagai kegiatan dengan tujuan utama adalah pembentukan mental, fisik, kebersamaan (korsa), kemandirian, tanggung jawab, pengetahuan tentang lingkungan hidup dan konservasi serta aksi-aksi peduli lingkungan terhadap anggota pramuka saka wanabakti.

Kegiatan perkemahan Diksar terasa istimewa dikarenakan penyematan tanda dimulainya kemah disematkan langsung oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu, Bapak Antonius L. Ain Pamero, SH  bersama Istri Wakil Bupati, Ibu Silvia Pamero.  Selain itu, juga dihadiri Sekda Kapuas Hulu, Ir. H. Muhammad Sukri serta beberapa pejabat lingkup pemerintah kabupaten Kapuas Hulu  dan juga perwakilan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.

Sebanyak 102 orang peserta Diksar saka wanabakti, berasal dari 7 Sekolah Menengah Atas (SMA), yaitu : SMA Negeri 1 Putussibau, SMA Negeri 2 Putussibau, SMA Negeri 1 Emabloh Hulu, SMA Negeri 1 Batang Lupar, SMK Negeri 1 Putussibau, SMK Negeri 2 Putussibau dan MAN Putussibau.  Dukungan penuh dari pihak sekolah dan orang tua peserta merupakan motivasi bagi para senior untuk mendidik adik-adik mereka agar menjadi insan yang kuat, mandiri, bertanggung jawab, dan tentunya menjadi pribadi-pribadi yang akan membanggakan sekolah dan orang tuanya.  

Pelaksanaan Diksa Saka Wanabakti BBTNBKDS tahun 2017 bertepatan dengan pelaksanaan puncak acara Festival Danau Sentarum Betung Kerihun, sehingga kehadiran peserta di Pulau Sepandan yang menjadi bagian pelaksanaan Festival sangat terasa manfaat dan perannya dalam mensukseskan acara festival tersebut. Kemampuan pemanduan, interpretasi, penjelajahan yang telah peserta peroleh langsung di praktekkan dengan memandu para pengunjung yang melakukan tracking di Pulau Sepandan.  Kesigapan dan kepedulian lingkungan para peserta juga langsung mereka praktekkan dengan memberikan penyadaran kepada para pengunjung untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. 

"Adik-adik peserta Diksar Saka Wanabakti BBTNBKDS tahun 2017 betul-betul mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadi pramuka saka wanabakti yang tangguh dan handal serta menjadi generasi penerus di Kabupaten Kapuas Hulu" ucap Bapak Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, SH di sela-sela kunjungannya. Beliau juga menyampaikan kepada pihak BBTNBKDS terimakasih atas upaya yang telah dilakukan dalam mendidik generasi-generasi muda Kapuas Hulu untuk mencintai alam dan lingkungannya.

Sumber : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini