Tim BBKSDA Riau Giring Gajah Kembali ke Habitatnya

Selasa, 31 Oktober 2017

31 Oktober 2017. Penggiringan satwa gajah ( Elephas indicus) soliter yang telah meresahkan masyarakat Kec. Kelayang, Kab. Indragiri Hulu, Prov. Riau sejak awal Agustus 2017 telah berhasil dilakukan pada tanggal 18 s.d 19 Oktober 2017 oleh Tim Balai Besar KSDA Riau, Vesswic, WWF, Yayasan Tesso Nilo, Balai TNTN, TNI-POLRI, aparat serta masyarakat setempat.

Sebelumnya penggiringan telah dilakukan beberapa kali namun satwa tersebut kembali pada posisi semula. Adapun desa yang menjadi perlintasan adalah Desa Kolak Pisang, Desa Pasir Beringin dan Desa Bukit.

Tim telah melakukan pendalaman terhadap kondisi habitat sekitar dan menemukan bahwa satwa tersebut terpisah dari kelompok utamanya yaitu kelompok Tesso Nilo. Penangananpun dilakukan secara komprehensif yaitu dengan melakukan evakuasi terhadap satwa tersebut dengan menggunakan dua ekor gajah jinak flying Squad TN Tesso Nilo. Setelah dua bulan lebih satwa tersebut terpisah dari kelompoknya, kini satwa tersebut telah dikembalikan ke habitatnya yaitu kelompok Tesso Nilo.

Kepala Balai Besar KSDA Riau sangat mengapresiasi kerjasama para pihak dalam upaya penyelamatan satwa yang dilindungi berdasarkan UU No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya dan PP No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini