Lomba Tradisional, Meriahkan Festival Danau Sentarum Dan Betung Kerihun (FDSBK) 2017

Minggu, 29 Oktober 2017

Lanjak, 28 Oktober 2017. Kegiatan Festival Danau Sentarum dan Betung Kerihun (FDSBK) 2017 di meriahkan oleh lomba – lomba tradisional khas etnis Dayak dan Melayu. Adapun lomba dimaksud adalah Lomba Sumpit, Lomba Gasing dan Lomba Memasak Tradisional.

Menurut Ketua Panitia, Lomba Sumpit dan Lomba Gasing  diikuti oleh masyarakat dari 6 Kecamatan yakni Kecamatan Batang Lupar, Kecamatan Embaloh Hulu, Kecamatan Selimbau, Kecamatan Semitau, Kecamatan Badau dan Kecamatan Putussibau Utara dan terdiri dari beberapa kelompok usia mulai dari tingkat anak – anak sampai dewasa. Untuk perlombaan memasak masakan tradisional diikuti oleh sekitar 17 peserta mewakili 3 etnis yakni Etnis Dayak Iban, Dayak Tamambaloh dan Etnis Melayu.

Kegiatan ini sangat penting untuk memperkenalkan adat dan budaya asli kita kepada generasi muda yang semakin tergerus oleh perkembangan zaman. Budaya etnis Dayak Tamambaloh khususnya  dan semua etnis yang ada di Kecamatan Batang Lupar dapat menjadi identitas asli kita sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk dapat berkunjung  ke Taman Nasional Danau Sentarum TNDS). TNDS dan masyarakat lokal adalah satu kesatuan penting yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, saya berharap dengan adanya  kegiatan FDSBK dapat dilaksanakan setiap tahun dan dapat meningkatkan jumlah lomba – lomba tradisional lainnya, ujar Bpk. Anton Leo Pameang, Tumenggung Dayak Tamambaloh. 

Hal ini senada dengan Bpk. Liem salah satu pengusaha jasa travel asal Serawak Malaysia, salah satu daya tarik yang cukup diminati oleh wisatawan adalah atraksi kebudayaan masyarakat lokal, dan kuliner tradisional. Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan promosi baik melalui media cetak dan media elektronik di Malaysia sehingga pada event selanjutnya warga Malaysia dapat lebih banyak lagi yang menghadiri event ini kedepannya.

Kegiatan Festival Betung Kerihun dan Danau Sentarum menampilkan beberapa kegiatan selain lomba tradisional yakni Pameran/ expo produk masyarakat, International Music Etnic, Trip Danau Sentarum, Lomba Sampan, Panggung Pemuda Kreatif, Pagelaran Seni dan Budaya, Karnaval Minum Madu, dan Lomba Perahu Hias serta hiburan rakyat yang menampilkan artis ibu kota Zaskia Gotik dan Nugie.

Sumber : Harri Ramdhani - Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini