Ditunggu Sampai Malam, Belum Juga Dijumpai Bidadari Halmahera Sedang Tidur

Kamis, 26 Oktober 2017

Sofifi, 25 Oktober 2017. Misteri tempat istirahat dan sarang Bidadari Halmahera (Semioptera wallacii) masih terus membuat penasaran pegawai Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Kali ini salah satu anggota Polisi Kehutanan yang ikut dalam kegiatan monitoring burung Paruh Bengkok bersama beberapa tenaga kontrak Resort Buli dan siswa magang SMK Kehutanan Manokwari mencoba mencari tahu tempat tidur burung endemik tersebut. Lokasi tersebut berada di Resort Buli, tepatnya di gunung Uni-Uni, Halmahera Timur.

Tim sudah berada dilokasi (23/10) display Bidadari Halmahera mulai pukul 16:30 WIT dan melihat sekitar 9 (sembilan) ekor Bidadari Halmahera jantan menyanyi dan menari dari dahan yang satu ke dahan yang lainnya. Sampai pada pukul 18:40 WIT dimana matahari sudah tidak terlihat dan beberapa burung terlihat mencari dahan dipohon untuk tidur tim tetap mengamati Sang Bidadari sampai akhirnya tidak terlihat aktivitas tarian atau nyanyiannya.

Sambil diiringi gerimis, pukul 19:00 WIT tim memutuskan untuk menerangi pohon terakhir yang dihinggapi Bidadari Halmahera menggunakan senter. Setelah beberapa menit mencari, tim tetap tidak menemukan tanda-tanda keberadaan burung tersebut.

“Mungkin burungnya hinggap dikerumunan daun yang lebat ditambah gerimis, sehingga tidak terlihat”, kata Gilbert, ketua magang dari SMK Kehutanan Manokwari.

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini